25 radar bogor

Warga Lapor Ada Bendera Mirip ISIS, Habib Rizieq Ditangkap Polisi Arab Saudi

warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah Habib Rizieq di Makkah (Istimewa).

RADAR BOGOR-Beredar kabar bahwa ada penangkapan oleh polisi Arab Saudi kepada Habib Rizieq Shihab.

Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi pada Senin, (5/11/2018), pihaknya menerima pengaduan dari sejumlah pihak mengenai penahanan seorang WNI atas nama Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah.

Atas informasi yang beredar tersebut, Kemlu telah meminta pejabat Fungsi Konsuler KJRI Jeddah untuk melakukan penelusuran.

Habib Rizieq sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah (Istimewa)

“Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi bahwa MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah,” kata Kemlu melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (7/11/2018).

Keterangan tersebut atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Makkah.

Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada MRS sebagaimana yang diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri. Tentunya, hukum dan aturan setempat harus dihormati.

Duta Besar RI di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus ini. “KBRI masih dalami,” katanya singkat saat dihubungi JawaPos.com.

Informasi terakhir yang diterima MRS telah dizinkan oleh otoritas keamanan Saudi untuk kembali ke rumahnya di Makkah pada sekitar 20:00 pada Selasa (6/11/2018) malam. (iml/JPC)