25 radar bogor

Tak Jauh dari Komplek Pemkab Bogor, Listrik di Kampung Ini Sering Padam

Ilustrasi Listrik Padam

ABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Meski lokasinya tak jauh dari pusat pemerintahan daerah (Pemda), Kampung Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bigir lebih nampak seperti wilayah terisolir. Setahun ke belakang masyarakat sekitar dibuat menderita lantaran hampir setiap hari aliran listriknya mati.

Raut kekesalan nampak di wajah Miftahudin (23) saat listrik di rumahnya mulai padam pukul 15.00 WIB, Selasa (6/11/2018). Padahal, saat itu ia baru saja menyalakan mesin pompa air karena berniat untuk mandi. Terpaksa, ia meminta ke tetangga sebelahnya yang sedia air bersih dalam bak kamar mandi.

Kondisi tersebut nyaris menjadi hal lumrah bagi warga RT 03/01 Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang itu. Meski berbeda jam, hampir setiap hari aliran listrik di kampungnya padam berjam-jam. Seperti hari Senin (5/11), sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

“Besok juga (red: hari ini) mati lagi, ini sudah ada suratnya. Memang kadang dikasih tahu kadang engga,” ungkapnya sembari memperlihatkan surat dari PLN.

Kondisi tersebut dianggapnya mengganggu bagi warga Kampung Landeuh. Terlebih bagi mereka yang membuka usaha. Seperti konter pulsa, pengisian air galon isi ulang, serta warung-warung. “Apalagi pas masyarakat lagi ngadain hajatan atau sedekahan seperti maulid, sama kegiatan-kegiatan di sekolah,” tuturnya.

Senada, Ketua RW 01 Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Empu Saputra mengaku kecewa dengan gangguan listrik di wilayahnya yang terjadi terus menerus selama satu tahun ke belakang. Meski sudah sempat komplain ke PLN namun gangguan tersebut masih terus ada.

“Pada Sabtu (27/10) sempat mati dari pagi sampai sore hari. Besoknya dikirain udah mulai normal, tapi ternyata masih mati-mati juga,” keluhnya.

Ia berharap, aliran listrik di Kampung Landeuh segera normal seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, ia kerap kebanjiran keluhan dari masyarakat yang aktivitasnya terganggu atas padamnya listrik secara bersamaan.

Terpisah, Camat Babakan Madang, Yudi Santosa mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan mengenai adanya gangguan listrik di Desa Karang Tengah. Ia mengaku akan menindaklanjuti keluhan tersebut ke pihak PLN. “Belum ada laporan, akan kita komunikasikan,” kata Yudi.

Ketika dikonfirmasi, Humas PLN area Gunung Putri, Chelda meminta warga Kampung Landeuh untuk melapor ke call center PLN atas sering terjadinya mati listrik. “Lapornya ke Call Center atau ke PLN Citeureup supaya bisa ditindaklanjuti,” ucapnya.(fik/c)