25 radar bogor

Klub Penyelam IPB Ini Berhasil Lakukan 14 Kali Ekspedisi

Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) melakukan penglepasan keberangkatan peserta Ekspedisi Zooxanthellae XV di Kampus IPB Dramaga, Jum'at (2/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor (FDC-IPB) melakukan penglepasan keberangkatan peserta Ekspedisi Zooxanthellae XV di Kampus IPB Dramaga, Jum’at (2/11).

Penglepasan  keberangkatan peserta dilakukan oleh Dr. Ir. Budhi Hascaryo Iskandar, M.Si, Pembina FDC-IPB sekaligus Instruktur POSSI B2 dan Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Si,  Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB.

Ekspedisi Zooxanthellae XV merupakan kegiatan eksplorasi bahari yang dilakukan rutin oleh Fisheries Diving Club, Institut Pertanian Bogor untuk meningkatkan keilmuan dan menambah pengalaman anggota FDC-IPB .

“Saat ini, FDC telah melaksanakan ekspedisi sebanyak 14 kali. Tahun ini, FDC-IPB akan melaksanakan Ekspedisi Zooxanthellae XV dengan tema yaitu Eksplorasi bahari dan sosial budaya di Pesisir Timur Kei Besar, Maluku Tenggara yang dilakukan pada tanggal 3 November – 18 November 2018,” ujar Khodijah selaku Ketua Pelaksana Ekspedisi Zooxanthellae 2018.

Sebelum keberangkatan, Dr. Ir. Budhi Hascaryo Iskandar, M.Si memberikan arahan mengenai kegiatan ekspedisi dan beberapa pesan untuk peserta yang akan berangkat. Dr.Budhi berpesan agar selalu menjaga aspek safety terutama pada saat di lapang dan berhadapan langsung dengan kondisi alam, selain itu menjaga komunikasi dengan orang lokal juga harus selalu diperhatikan.

Dr. Budhi berpesan untuk tetap menjaga nama baik IPB.  Arahan yang diberikan pada peserta ekspedisi juga diselingi dengan cerita pengalaman ekspedisi sebelumnya yang mengundang tawa banyak anggota FDC-IPB yang hadir. Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Si senantiasa berpesan untuk menjaga nama baik FPIK-IPB dan menjaga satu sama lain demi kelancaran kegiatan ekspedisi ini.

Pelepasan keberangkatan peserta Ekspedisi Zooxanthellae XV diakhiri dengan membaca doa dan foto bersama. Tak lupa peserta berpamitan dan memohon doa agar selamat sampai tujuan dan demi kelancaran kegiatan ini. (*/ ris)