25 radar bogor

Dua Saran Kriteria Wagub dari Partai Gerindra ke PKS

Fadli Zon saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Polemik antara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) soal kursi wakil gubernur DKI Jakarta telah usai. Partai berlambang kepala burung garuda itu telah sepakat untuk memberikan kursi orang nomor dua Jakarta itu untuk PKS.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebutkan saat ini kedua partai tinggal menyepakati beberapa masalah teknis. Khususnya memilih nama kader PKS yang bakal mengganti kursi milik Sandiaga Uno tersebut.

“Nanti dibentuk tim untuk lakukan fit and proper tes dari rekan-rekan PKS siapa yang dicalonkan agar lebih matching dengan gubernur DKI,” kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/11).

Anak buah Prabowo Subianto itu belum mengetahui secara pasti kriteria yang pas untuk menemani Anies Baswedan tersebut. Ia harus melihat terlebih dahulu sosok yang sesuai kebutuhan DKI Jakarta.

“Apakah orang yang lebih administratif atau punya pengalaman birokrasi, itu (dibahas) kan bersama dengan gubernur (Anies),” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, PKS dan Gerindra telah bertemu di kantor DPD Gerindra DKI. Hasilnya, dua nama kandidat yang nantinya dipilih melalui DPRD DKI Jakarta itu harus melalui fit and proper test.

Untuk menjaga rasa adil dan nyaman, kedua partai akan membentuk badan yang berpengalaman di bidang fit and proper test. Nantinya akan ada 2 orang dari masing-masing partai pengusung dapat menjadi anggota badan.

(aim/JPC)