25 radar bogor

Cepat Ruksak, Dewan Pelototi Jalan Jangkar-Pongkor

NANGGUNG-RADARBOGOR, Warga Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung mengeluhkan konidisi ruas Jalan Jangkar – Pongkor yang sudah kembali rusak. Bahkan tokoh masyarakat setempat, H. Saji mengatakan, bahwa pengerjaan jalan Jangkar Pongkor terkesan asal jadi dan pemanpaatannya kurang tepat sasaran alias mubazir.

“Disaat hujan tiba bebatuan jalan terbawa arus air. Apalagi posisi jalan persisnya tanjakan sehingga jalan keadaan semakin butut. Pengerjaan terkesan asal-asalan, padahal pembangunan ini pakai uang rakyat,” paparnya.

Menurut dia, seharusnya jalan ter­sebut dibongkar kembali, paling tidak ditambal sulam menggunakan hotmix. Musababnya, kalau jalan itu tidak segera diperbaiki dipastikan tidak akan bertahan lama. Parahnya, lanjut dia, bahan material yang digunakan seje­nis teras gunung terlhat seperti ber­campur cadas.

” Seharusnya bahan material untuk pembangunan jalan tersebut paling tidak pasir yang kua­litasnya bagus,” beber dia.

Hal serupa dikatakan tokoh masy­arakat setempat lainnya, H. Lubis. Dia menyesal kan proyek pengerjaan Jalan Langkar Pongkor.

” Alat mesin yang digunakan setahu kami tidak meng­gunakan jayamix melainkan hanya menggunakan molen biasa,” tambah­nya. Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi Golkar, Yusep geram mendapatkan laporan tersebut. Bahkan dirinya akan segera melaporkan ke Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

“Saya akan sampaikan ini ke Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Kami akan pantau langsung spesifikasi bahan yang digunakan untuk membuat jalan,” tegasnya. Bahkan, dirinya tak segan-segan untuk memerintahkan mem­bongkar kembali pembangunan jalan jika terbukti menyalahi aturan yang ada.

“Kalau memang tidak sesuai dengan ketentuan, mau tidak mau harus dibongkar dan dibangun kem­bali,” pungkasnya. (kmg/b/suf)