25 radar bogor

Warga Desa Muspika Cariu Tutup PT Catur Mitra Utama

CARIU-RADARBOGOR, Warga Kecamatan Cariu kembali mendesak Pemkab Bogor menutup PT Catur Mitra Utama. Sebab, perusahaan tersebut di­duga telah membuang limbah kotoran sapi di Sungai Cibeet yang selama ini menjadi sumber air ber­sih warga. Akibatnya, ratusan warga yang memanfaatkan sungai sebagai sumber mata air tak bisa mengonsumsi lagi.

“Sampai sekarang Sungai Cibeet di Kampung Tanggulung, Desa Cariu, masih tercemar. Warga beberapa kali mengingatkan perusahaan jangan membuang kotoran sapi ke Sungai Cibeet, tapi tidak digubris,” tegas warga Cariu, Wawan.

Ia berharap aktivitas ternak se­gera dihentikan agar air sungai yang saat ini menjadi andalan warga bisa dimanfaatkan kembali.

“Untuk mandi warga pakai air Sungai Cibeet. Andai tidak ada kotoran sapi, air bisa dikonsumsi,” jelasnya.

Terpisah, Camat Cariu, Didin Wahidin, mengaku pasrah dengan adanya protes yang dilakukan warganya.

”Saya tidak bisa ber­buat banyak. Apalagi menutup lokasi ternak. Tapi, saya sudah melayangkan surat teguran ke pengelola ternak. Sudah kami kirim, tapi belum ada balasan,” bebernya.

Lalu, Kapolsek Cariu, Kompol Darmawan, masih menunggu uji laboratorium terkait pence­maran Sungai Cibeet yang di­duga dari PT Catur Mitra Ta­ruma di Kampung Tanggulung, Desa Cariu. (yat/mam/py)