25 radar bogor

Tingkat Pengangguran Lulusan SMA dan SMK Paling Besar

Ilustrasi Siswa SMK. (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah angkatan kerja pada Agustus 2018 sebanyak 131,01 juta orang, atau naik 2,95 juta orang dibanding Agustus 2017. Rinciannya, sebanyak 124,01 juta orang adalah penduduk bekerja, sedangkan 7 juta orang menganggur.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2018, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 2018 untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi dibanding tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,24 persen.

TPT tertinggi berikutnya, terdapat pada Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 7,95 persen. “Dengan kata lain, ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap, terutama pada tingkat pendidikan SMK dan SMA,” ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (5/11).

Ia menambahkan, mereka yang berpendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan apa saja. Hal itu tercermin dari TPT lulusan SD ke bawah paling kecil di antara semua tingkat pendidikan, yaitu sebesar 2,43 persen.

“Dibandingkan kondisi setahun yang lalu, peningkatan TPT hanya terjadi pada tingkat pendidikan universitas, sedangkan TPT pada tingkat pendidikan lainnya menurun,” tutupnya.

(hap/JPC)