25 radar bogor

RT 05 RW 14 Bukit Cimanggu City Kelurahan Cibadak Semangat untuk Terus Belajar

BOGOR–RADAR BOGOR,Program demi program dilaksanakan warga RT 05/14 Bukit Cimanggu City, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal. Utamanya program kebersihan. Tak ada kata berhenti belajar. Itulah yang menjadi dasar. Alhasil, kini penataan di lingkungan tersebut semakin rapi dan bersih.

Istri Ketua RT 05/14 Vaya Bono mengatakan, saat ini program biopori sedang digalakkan. Masyarakat diminta untuk memahami tujuan dan fungsi lubang resapan itu.

Sebab tanpa disadari manfaat yang diberikan sangatlah banyak. Seperti resapan air yang baik, sehingga terhindar dari banjir hingga pembuatan pupuk kompos organik. “Kita masih belajar, tinggal diterapkan kepada masyarakat karena saat ini baru sedikit yang menerapkan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (5/11).

Bersama warga dia memiliki komitmen. Yakni mengurangi sampah plastik dengan memilah dari sumbernya. Apalagi dengan adanya lubang biopori semakin meyakinkan bahwa warga di lingkungannya dapat menjadi wilayah yang tak membuang seluruh sampahnya ke Tempat Penampungan Akhir (TPA).

“Mudah-mudahan setelah lubang biopori semakin banyak sampah dapur tidak dibuang ke TPA,” terangnya.

Dirinya juga tak henti mengingatkan warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Minimal rumah dan halaman pribadi bisa dirawat dengan baik. Selain itu direncanakan sampah anorganik tak ada lagi ke depannya.

“Ke depan sampah anorganik tidak ada lagi, utamanya sampah plastik, karena kita mengajarkan warga termasuk anak-anak usia dini untuk mengurangi pembelian dengan kantung kresek dan plastik lainnya, sehingga kita bisa kurangi sampah ke TPA Galuga.

(gal/c)