25 radar bogor

PAN Sudah Tunjuk Pengganti Taufik Kurniawan, Ini Bocorannya

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (duduk memakai rompi oranye), saat akan dibawa ke rumah tahan untuk menjalani penahanan perdanannya di Rutan C1 KPK Jakarta, Jumat (2/11) (Intan Piliang/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Ditetapkannya Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentu berimbas pada posisi yang dijabatnya di legislatif. Terkait ini maka Partai Amanat Nasional (PAN) berencana menunjuk kadernya yang lain untuk menggantikan posisi Taufik.

Ketua DPP PAN, Yandri Susanto mengatakan, partainya telah menentukan figur pengganti Taufik sebagai Wakil Ketua DPR. Namun dia enggan membeberkan nama dari figur yang ditunjuk tersebut.

“Satu nama sudah ada (untuk menggantikan Taufik, Red). Tapi siapa orangnya, bukan wewenang saya mengumumkan. Nanti biar Ketua Umum,” kata Yandri di komplek DPR RI Senayan, Jakarta Selatan, Senin (5/11).

Saat disinggung nama Hanafi Rais yang akan menggantikan Taufik, Yandri pun enggan menjawabnya. Menurutnya hanya Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang berwenang mengumumkan pergantian ini ke publik.

“Ya nanti lah, sabar aja. Intinya kami menyampaikan bahwa PAN sudah siap mengirimkan satu nama ke pimpinan DPR,” imbuhnya.

Meski demikian, Yandri sedikit memberi bocoran terkait figur yang ditunjuk menggantikan Taufik. Menurutnya figur tersebut merupakan anggota DPR Fraksi PAN serta memiliki jabatan pula di DPP PAN.

“Kisi-kisinya pertama dia anggota fraksi PAN. Kedua, pengurus DPP PAN, pengurus Fraksi PAN, Komisi I sampe XI,” terangnya.

Di sisi lain, anggota Komisi II DPR RI itu menegaskan bahwa dalam penentuan pengganti Taufik, tidak ada sengketa di internal partai. Semuanya dibicarakan dan diputuskan bersama.

“Tidak ada kubu-kubuan, tidak ada tarik-menarik antar pengurus partai, antar anggota DPR di Fraksi PAN. Kita sudah mufakat,” tegas Yandri.

(sat/JPC)