25 radar bogor

Dorong Pertumbuhan, GIC Minta Pemerintah Mudahkan Izin Ekspor-Impor

EKSPOR-IMPOR: Komunitas GIC mendorong anggotanya untuk mematuhi regulasi ekspor-impor untuk memudahkan aktivitas usaha. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR Pemerintah terus didorong memberikan kemudahan pelaku usaha untuk melakukan aktivitas ekspor-impor untuk mendukung pertumbuhan bisnis duna usaha di dalam negeri. Komunitas Go Import Community (GIC) mendorong anggotanya untuk memenuhi aturan perizinan yang ditetapkan pemerintah guna meminimalisir kendala dalam menjalankan bisnisnya.

“GIC dibentuk sebagai wadah bersama bagi pedagang, importir, dan eksportir di seluruh Indonesia. Para anggota tidak hanya mendapatkan jaringan dropshipper untuk distribusi, tapi juga didampingi untuk melakukan pengurusan perizinan impor-ekspor”, ujar Afree, Ketua Umum GIC dalam keterangannya di Jakarta, Senin (5/11). Saat ini, aktivitas impor terus mengalami lonjakan, salah satunya didorong oleh perkembangan dunia usaha dibidang jual beli online. Sayangnya, tidak jarang aktivitas ini terganjal karena ketidaktahuan para pelaku trkait perizininan yang harus dipenuhi.

“Bagi para pelaku baru yang ingin mengenal lebih jauh dunia impor, kini tak perlu khawatir. GIC hadir sebagai wadah pelaku usaha untuk tahu lebih banyak dunia impor dan ekspor,” katanya.

Diungkapkan, aktivitas GIC mulai dari membangun jaringan, mentoring, membangun brand, sehingga terbangun organisasi importir dan eksportir yang solid serta memperkuat kemitraan, mencetak entreprenuer skala nasional dan internasional.

Rapat kerja GIC pada 3 November 2018 lalu berhasil membentuk kepengurusan dengan membentuk beberapa koordinator wilayah (korwil) pada sejumlah kota besar di Indonesia. Tujuannya, memudahkan para anggotanya dalam berkoordinasi terkait impor dan ekspor di kota masing-masing.

“Komunitas ini juga bertujuan agar anggota GIC melakukan Impor dan ekspor dengan legalitas yang benar sesuai dengan ketetapan peraturan pemerintah,” jelas Afree.

Diakui Afree dengan kondisi inflasi dunia saat ini turut berpangaruh pada kegiatan impor di Indonesia. “GIC berkomitmen membantu pemerintah untuk meningkatkan ekspor dalam negeri, sehingga UKM di Indonesia siap bersaing dalam perdagangan dunia,” ujarnya.

(ask/JPC)