25 radar bogor

Banjir Bandang Landa Tasikmalaya, Ratusan Rumah Terendam

TASIKMALAYA-RADAR BOGOR,Banjir bandang melanda kawasan selatan Tasikmalaya, Selasa (6/11/2018). Ratusan rumah terendam dan akses jalan Garut- Cipatujah putus karena jembatan ambruk.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, luapan air merendam ratusan rumah di tiga kecamatan yaitu Cipatujah, Karang Nunggal, dan Culamega.

Banjir bandang juga menggerus jembatan di Kecamatan Cipatujah. Akibatnya, akses menuju Kabupaten Garut lewat Cipatujah terputus.

Di Kecamatan Culamega, sejumlah warga dilaporkan hilang. Mereka berasal dari Desa Bojongsari dan Cikuya. Namun hingga kini BPBD belum bisa memastikan jumlah korban hilang tersebut.

“Banjir yang sekarang ada di Karang Nunggal ada tiga desa. Jembatan putus lokasinya di Ciandum Ciheras. Kami sudah menurunkan perahu dan sejumlah personel untuk menangani banjir di Karang Nunggal,” kata Kabid Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriatna.

Untuk penanganan jembatan putus di Cipatujah, kata Ria, pihaknya berkoordinasi dengan aparat Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena lokasinya masuk jalan nasional.

“Ada laporan orang hilang ada indikasi orang hilang apakah meninggal atau bagaimana di Desa Cikuya dan Bojong Sari, sedang kita turunkan tim ke sana,” kata Ria.

(ral/dtc/ps)