25 radar bogor

Tebing Sukaresmi Longsor, Warga Diungsikan ke Tempat yang Aman

Petugas BPBD memasang terpal di tebing yang longsor di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, beberapa waktu lalu.

BOGOR – RADAR BOGOR, Warga di bawah longsoran tebing setinggi 20 meter di RT 05/03, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman.

Selain mengevakuasi warga, untuk mengantisipasi longsor susulan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor memasang terpal di tebing yang longsor.

Mengingat kondisi yang cukup curam, anggota BPBD pun menggunakan vertikal rescue untuk mengevakuasi bekas longsoran dan memasang terpal.

“Pemasangan terpal dikerjakan kemarin pukul 08.00,” ujar Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Christian Permana. “Sebetulnya memang tidak boleh dibangun rumah di dekat tebing,” ujarnya.

Tebing yang longsor, kata dia, berada di dekat septic tank milik warga. Ia menjelaskan, peristiwa tersebut dikarenakan adanya pergerakan tanah. “Iya penyebabnya karena ada pergeseran tanah di atas sini,” ucapnya.

Camat Tanah Sareal, Asep Kartiwa mengatakan, pembuatan tembok penahan tebing tidak bisa instan karena anggaran yang cukup besar. Menurutnya, kemiringan hampir 90 derajat, ketinggian dari tebing 20 meter, dan lebar sekitar 50 meter.

“Itu yang perlu pengkajian, perencanaan, dan tindak lanjut. Semoga bisa secepatnya, itu harapan kami,” imbuhnya. (cr4)