25 radar bogor

Sungai Meluap ,Puluhan Rumah di Bogor Barat Terendam, 3 Rusak

Kondisi banjir bandang yang menerjang wilayah Bumiayu Brebes, Rabu (25/4/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR,Hujan deras Senin (22/10/2018) sore mengakibatkan meluapnya sungai Cibereum di kawasan Kampung Huni Bangkok, RT 03 RW 14, Bogor Barat. Sebanyak 28 rumah terendam dan tiga rumah ikut rusak.

Akibatnya 28 kepala keluarga dari 103 jiwa di kawasan tersebut mengalami banjir dengan ketinggian 50 hingga 70 Cm. Tiga rumah di Pasir Jaya, Kota Bogor, juga rusak. Akibat banjir tersebut mengakibatkan longsor di kawasan tersebut.

Operator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) pada Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Bogor Achmad Maulana mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (22/10).

“Rumah yang terkena longsor itu atas nama Anan, yang merupakan kepala keluarga dengan 4 anggota keluarga. Dimana di rumah tersebut, ada satu balita dan satu perempuan,” ujarnya kepada Pojokbogor.com (Radar Bogor Grup) saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Selasa (23/10/2018).

Achmad menjelaskan akibat longsor yang menimpa rumah Anan, bagian dapur dan kamar mandi mengalami rusak serta seluruh ruangan rumah terendam air 50 cm.

Tak hanya rumah Anan, lanjut Achmad, rumah milik Asep Kaswan juga mengalami kerusakan. Dimana rumah Asep sendiri diisi oleh 1 keluarga dengan 2 anggota.

“Kalau milik Pak Asep itu yang rusak bagian dapur dan lantai seluruh ruangan terendam,” ucapnya.

Selanjutnya yang rusak, masih kata Achmad, rumah milik Rahmat yang disi oleh satu keluarga dengan 3 anggota keluarga.

“Kerusakan bagian di bagaimana kamar mandi dan dapur,” imbuhnya.

Beruntung peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan untuk evakuasi dibantu oleh Lurah Pasir Jaya, BPBD Kota Bogor, Tagana Kota Bogor dan Katana Kelurahan Pasir Jaya, serta masyarakat sekitar lokasi bencana.

“Untuk tindak lanjut dalam kejadian tersebut, hari ini (Selasa) akan digelar gotongroyong membersihkan saluran air di sana,” imbuhnya.

(adi/ps/ysp)