25 radar bogor

Rapor Fadli Zon untuk 4 Tahun Jokowi: Pemerintah Gagal

Fadli Zon

JAKARTA-RADAR BOGOR Sejumlah kritik mewarnai peringatan empat tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini kritik datang dari anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Fadli Zon.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu pun tak segan menyebut pemerintahan Jokowi telah gagal. Menurutnya banyak janji yang tidak bisa direalisasikan oleh Jokowi, salah satunya janji pertumbuhan ekonomi tujuh persen.

Selain itu kehidupan masyarakat pun, menurut Fadli, tidak kunjung membaik. Harga bahan pokok dianggap mahal, lapangan kerja sulit dicari dan nilai tukar rupiah terhadap dollar merosot.

“Ini emang pemerintahan yang gagal. Menjalankan janji-janjinya menjalankan amanah, menjalankan target yang dia setting juga gagal,” ujar Fadli di komplek DPR RI Senayan, Jakarta Selatan, Senin (22/10).

Selain itu, Fadli juga menilai, birokrasi pemerintahan kacau balau. Koordinasi antara kementerian dan lembaga tidak berjalan baik. Bahkan kerap kali terjadi perbedaan komunikasi.

“Belum lagi koordinasi antarmenteri kabine, nggak ada koordinasi. Soal impor pangan antara Mentan dan Mendag nggak sinkron. Antara Bulog juga nggak sinkron. Jadi ini menunjukkan pemerintahan amburadul tidak ada kemepimpinan,” imbuhnya.

Lebih jauh, Wakil Ketua DPR RI itu memperkirakan pemerintahan Jokowi tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan di sisa waktunya Mengingat Jokowi juga akan disibukkan dengan urusan politik Pilpres 2019.

“Saya kira nggak cukup lah. Orang udah sibuk dengan politik. Yang bersangkutan juga sibuknya ke politiklah supaya terpilih lagi. Jadi udah pasti gagal tuh program-programnya,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding membalas kritik Fadli. Menurutnya sudah menjadi kebiasaan rekannya di DPR itu mengkritik pemerintah. Bagaimanapun situasinya, kritik tersebut pasti akan dilontarkan.

“Wajar aja Pak Fadli Zon menyampaikan penilaian seperti itu terhadap empat tahun Pak Jokowi. Karena selama ini kita lihat baik-benar pun dari Pak Jokowi selalu salah di mata Pak Fadli Zon,” kata Karding.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menolak anggapan pemerintahan Jokowi gagal. Menurutnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat.

“Kita harus membuka mata dengan fakta dan kenyataan, di era Pak Jokowi ini dari sisi politik integrasi bangsa semakin baik, keamanan masyarakat juga semakin aman dan nyaman. Dari sisi ekonomi kita lihat bagaimana infrastruktur menjangkau seluruh pelosok,” pungkasnya.

(sat/JPC)