25 radar bogor

Prediksi Persela vs Barito Putera: Adu Cerdik Dua Legenda Persebaya

Persela Lamongan bertekad pertahankan rekor tak terkalahkan di kandang saat jamu Barito Putera. (liga-indonesia.id)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dua legenda hidup Persebaya Surabaya, Aji Santoso dan Jacksen F. Tiago akan saling beradu strategi, Selasa (23/10) malam di Stadion Surajaya, Lamongan. Aji Santoso akan memimpin tim Persela Lamongan. Sedangkan Jacksen berada di pihak tim tamu Barito Putera.

Dilihat lebih dalam skuad Persela racikan Aji dengan tim Barito besutan Jacksen ternyata memiliki satu persamaan. Sama-sama belum pernah kalah di kandang sendiri. Persela dan Barito adalah dua di antara empat tim yang memiliki rekor kandang sempurna sepanjang Liga 1 2018.
liga 1 2018
Aji Santoso bakal adu strategi dengan sesama legenda Persebaya. (liga-indonesia.id)

Catatan positif inilah yang coba dipertahankan oleh Persela ketika menjamu Barito di Stadion Surajaya. Aji Santoso mengatakan, timnya akan berusaha keras untuk menjaga keangkeran Surajaya. Sementara Barito pun pantang pulang dengan tiga poin dari Lamongan.

“Melawan Barito Putera adalah pertandingan yang sangat krusial bagi kami. Karena kami akan mencoba mempertahankan rekor tidak kalah di kandang,” ucap pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

Aji menegaskan bahwa Persela harus mendapatkan tiga poin atas Barito. Selain demi menjaga kesucian Surajaya, poin absolut akan membuat Persela kembali masuk ke deretan 10 besar klasemen sementara.

“Kami berusaha mendapatkan poin biar kembali lagi ke posisi semula, di mana kami masih ada di papan atas atas tengah,” imbuh mantan pelatih Arema FC dan Persik Kediri tersebut.

Kepercayaan diri Persela didukung oleh sejarah. Dari empat kali pertemuan di Surajaya sejak lima tahun terakhir, Persela sudah dua kali mengalahkan Laskar Antasari-julukan Barito Putera. Namun, Persela pernah dipermalukan di Surajaya pada 2015 lalu.

Mantan pemain Barito Putera yang kini membela Persela, Syahroni menunjukkan semangat untuk menjungkalkan tamu mereka. Menurut eks penggawa Persija Jakarta itu, Persela harus mengakhiri laga ini dengan kemenangan.

“Kami membutuhkan poin untuk kembali bersaing di papan tengah. Syukur-syukur jika kami bisa masuk ke papan atas,” tuturnya.

Sementara itu, Jacksen F Tiago mengaku penasaran untuk bisa mengalahkan Persela di Surajaya. Sebagai sesama tim yang belum pernah kalah di kandang, Jacksen tahu bahwa Persela pasti terbebani dengan rekor tersebut.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik di Lamongan. Kami tidak mau berpikir rekor Persela, sebab yang menentukan adalah 90 menit di lapangan,” tutur eks pelatih Persipura Jayapura itu.

Jacksen menambahkan, selain ingin menghancurkan keangkeran Surabaya, dirinya juga berhasrat memutus rekor minor Barito. Tim yang bermarkas di Banjarmasin ini belum pernah merasakan kemenangan dalam enam pertandingan beruntun.

“Kami sudah berada di jalur yang benar. Tinggal doanya saja. Semoga kami bisa lebih baik lagi dan kami akan berusaha lebih keras untuk meraih hasil yang lebih baik lagi. Semoga besok (hari ini, red) kami bisa melepas hasil yang tidak baik ini,” harap Jacksen.

5 Pertemuan Terakhir
24/05/18: Barito Putera 1-1 Persela
11/03/18: Barito Putera 3-1 Persela
11/11/17: Barito Putera 4-1 Persela
28/07/17: Persela 3-2 Barito Putera
24/10/16: Barito Putera 1-0 Persela

5 Laga Kandang Terakhir Persela
Persela vs Madura United: 1-1
Persela vs Persipura: 3-2
Persela vs PSM: 1-1
Persela vs Bhayangkara: 2-0
Persela vs PSIS Semarang: 1-1

5 Laga Tandang Terakhir Barito Putera
Borneo FC vs Barito Putera: 2-1
Persipura vs Barito Putera: 5-1
PSM vs Barito Putera: 1-1
Bhayangkara FC vs Barito Putera: 2-2
PSIS vs Barito Putera: 1-0

Perkiraan Susunan Pemain
Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto; Arif Satria, Wallace Costa, Eky Taufik, Ahmad Birrul Walidain; Gian Zola, Diego Assis, Ahmet Atayev; Dendy Sulistyawan, Loris Arnaud, Fahmi Al Ayyubi
Pelatih: Aji Santoso

Barito Putra (3-5-2): Adithya Harlan; Aaron Evans, Muhammad Rifqi, Hansamu Yama Pranata; Jajang Sukmara, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Rizki Rizaldi Pora; Marcel Sacramento, Samsul Arif Munip
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Prediksi JawaPos.com
Persela menang: 50%
Barito menang: 25%
Imbang: 25%

(saf/JPC)