25 radar bogor

Peringati HSN, Warga Dirikan Rumah Santri

PAMIJAHAN-RADARBOGOR, Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) menjadi momentum menumbuhkan kem­bali spirit peran santri dalam kehidupan masyarakat. Bukan tanpa alasan, HSN diyakini bisa menggerus arus globalisasi ne­gatif yang merusak nilai-nilai moralitas bangsa. Santri harus bisa menjadi bagian solusi atas persoalan yang dihadapi bangsa saat ini khusus yang berkaitan moral. Bersbarengan denga pe­ringatan HSN, sejumlah tokoh masyarakat di Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, Kabupa­ten Bogor mendirikan ‘Rumah Santri’.

Rumah Santri tersebut meru­pakan wadah kaum sarungan dan sebagai tempat kajian ilmu aga­ma. Hal tersebut diungkapkan tokoh agama setgempat Kh. Ja­miunnas. Menurut dia, kebera­daan Rumah Santri sangat berman­faat untuk meningkatkan ukhwah islamiyah dan sebagai wadah untuk mensyiarkan ajaran Islam.

“Di rumah santri ini akan digelar pengajian rutin, selain tempat untuk menuntut ilmu, Rumah Santri juga menjadi tempat ajang silaturahmi,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Rumah Santri Nurkawabib men­jelaskan, momentum HSN men­jadi ajang pemersatu bangsa agar umat tak mudah diadu domba dan dipecah belah. (khr/b/suf)