25 radar bogor

Mulai dari Petir, Hujan Lebat Hingga Hujan Es Bakal Guyur Jawa Barat

JAKARTA-RADAR BOGOR,Belakangan ini memang terlihat jelas bagaimana cuaca Bogor dan sekitarnya ketika sore hari. Pasti terlihat awan gelap dan suara petir yang kencang.

Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh wilayah di Jawa Barat tengah mengalami perubahan cuaca.

Bahkan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga Bogor memprediksi puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada awal tahun 2019.

Puncak musim hujan itu berpotensi mulai dari bukan Januari hingga bulan Februari dan itu terjadi hampir di semua wilayah di Jawa Barat.

Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi BMKG Dramaga Bogor, Hadi Saputra pun menambahkan, ini bukan puncaknya melainkan bulan Oktober hingga Desember ini hanya memasuki masa peralihan cuaca saja.

Namun peralihan cuaca ini juga harus kalian waspadai. Pada musim peralihan ini berpotensi terjadinya cuaca ekstrem seperti di Bogor.

Cuaca ektrem yang dimaksud ini yakni bisa saja terjadinya petir, hujan lebat, angin kencang bahkan hujan es secara tiba-tiba.

Musim hujan yang diperkirakan akan terjadi di awal tahun 2019 ini juga akan dimulai dari wilayah Bogor dan Sukabumi kemudian akan berlanjut ke wilayah lainnya.

Dan musim hujan ini akan berakhir hingga bulan April mendatang.

Maka dari itu, seluruh masyarakat Bogor diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaanya karena cuaca ekstrem yang mulai terjadi ini.

(ps/ysp)