25 radar bogor

Akhir Oktober Tol Bocimi Diresmikan Jokowi, Lanjut Sesi Dua Cigombong-Cibadak

Penampakan salah satu ruas jalan Tol Bocimi saat dibuka untuk arus mudik beberapa waktu lalu.

CIAWI – RADAR BOGOR, Tak lama lagi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sesi satu sudah bisa dilewati. Rencananya, akhir Oktober ini tol tersebut diresmikan Presiden Jokowi.

“Selain Bocimi, Presiden juga akan meresmikan Tol Pejagan-Pemalang. Jadi bulan Oktober ini ada dua jalan tol yang siap diresmikan Presiden,” kata Menteri Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari NTMC Polri.

Menurut Basuki, pengoperasian Tol Bocimi sesi pertama ini diklaim bisa mengurai kemacetan yang terjadi di Bocimi. Bahkan, Basuki menyebut, setidaknya kemacetan sejauh 15 kilometer akan terlewati dengan adanya tol sepanjang 54 kilometer ini.

“ Saat masuk di Ciawi dan keluar di Cigombong, pengguna jalan hanya butuh waktu 15-20 menit. Kalau normal waktu yang ditempuh bisa mencapai 1 hingga dua jam,” ucapnya.

Menurut Basuki, pembangun tol ini tidak hanya selesai di sesi satu. Nantinya, pembangunan Tol Bocimi akan dilanjutkan dengan sesi dua dari Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,98 meter.

“Sejauh ini pembebasan lahan belum dilakukan. Tapi untuk pembelasan lahan sesi dua baru mencapai 20,63 persen, dan memang belum ada aktivitas pekerjaan konstruksi,” pungkasnya.(dkw)