25 radar bogor

Tanah di Cimanggis Depok Terbelah, Ini Penjelasan Ahli Geologi UI

FENOMENA ANEH: Warga melihat tanah yang terbelah di salah satu lapangan yang berada di Kampung Pedurenan, RT 02/ RW 02, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Minggu (21/10)(. Ahmad Fachry/Radar Depok)

DEPOK-RADAR BOGOR, Warga Kampung Pedurenan RT2/2, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Cimanggis, dibuat tercengang dengan fenomena tanah terbelah di lahan kosong yang tak jauh dari pemukiman warga.

Menanggapi hal tersebut Ahli Geologi Universitas Indonesia (UI), Muhammad Rizqy Septyandy menyebutkan, terbelahnya tanah tersebut diduga terdapat rongga di bawah permukaan tanah, yang tidak dapat menampung jumlah air hujan. Sehingga mengakibatkan bagian atas mengalami ambles.

“Rongga di bawah permukaan tanah tersebut ketika kandungan air di dalam tanah melewati titik jenuh, sehingga tanah terbelah atau ambles,” kata Andy kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Namun, kata dia, masih terus melakukan investigasi dan mengkaji lebih dalam, dugaan penyebab terbelahnya tanah tersebut.

Tanah di Cimanggis Depok Tiba-Tiba Terbelah, Warga Geger

Dia menambahkan, tanah yang mudah terlapukkan seperti itu memang kerap terjadi ambles. Serta disertai volume air dari hujan menjadi penyebab tambahan tanah ambles.

“Diduga tanah ini sudah lapuk ditambah juga rongga dibawahnya yang memang sudah ada airnya. Hujan kemarin itu sebagai penambah volume air di tanah. Sehingga ketika sudah melewati titik jenuhnya, maka tanah langsung ambles,” tutup Andy.(rd/ysp)