25 radar bogor

RT 03 RW 01 Kampung Kayumanis Kelurahan Cibadak Benahi Diri, Targetkan Prestasi

BOGOR–RADAR BOGOR,Menjadi pemenang di lomba Bogorku Bersih tahun 2016 membuat lingkungan Kampung Kayumanis RT 03/01 Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal berbenah diri. Beberapa program yang menjadi masukan dewan juri kala itu, mulai diadakan tahun ini.

Ketua RW 01 Mulyadi mengatakan, banyak evaluasi yang dilakukan bersama warga. Selain penghijauan, ada juga program kemandirian masyarakat. Baik yang berkaitan dengan sosial kemasyarakat maupun ekonomi.

“Ini yang nilainya kurang pada saat itu, alhamdulillah saat ini sudah ada dan berjalan dengan baik seperti dana kesehatan, asuransi kematian serta koperasi simpan pinjam dengan sistem syariah,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (21/10).

Sementara itu, Ketua RT 03/01 Wahyudin mengungkapkan, menjadi juara di tahun 2016 membuat warga semakin terpacu untuk kembali memenangkan lomba di tahun ini. Namun di luar itu, kata dia, utamanya lingkungan menjadi bersih, sehat, dan semangat.

“Kegiatan Bogorku Bersih ini malah memacu masyarakat untuk membersihkan lingkungannya tanpa perlu disuruh,” ungkapnya.

Perubahan demi perubahan pun terlihat. Seperti rumah-rumah warga yang memiliki tanaman hias maupun apotek hidup. Ditambah pengelolaan sampah yang semakin dioptimalkan.

“Sampah organik kita masukkan ke dalam lubang biopori yang sudah kita buat, sedangkan nonorganik kita kumpulkan di bank sampah yang meski belum ada tetapi penampungannya sudah,” pungkasnya.

(gal/c)