25 radar bogor

Perumahan Bogor Park Residence RT 04 RT 13 Pamoyanan Libatkan Warga Jadi Jumantik

BOGOR–RADAR BOGOR,Kesehatan berawal dari kebersihan lingkungan. Penyadaran kepada masyarakat harus digalakkan. Selain bagian dari iman, bersih juga membuat lingkungan nyaman. Seperti di lingkungan RT 04/013 Perumahan Bogor Park Residence Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan.

Ketua RT setempat, Denny Haryanto mengatakan, kegiatan rutin di lingkungan terkait kebersihan terbagi menjadi dua. Yakni lingkungan bersih tanpa sampah dan lingkungan bersih terbebas dari penyakit.

“Sampah yang terkumpul di sini dua hari sekali diangkat lalu setiap empat bulan sekali kita ada fogging seperti hari ini (red, kemarin),” ujarnya kepada Radar Bogor.

Rencananya, kata Denny, ke depan akan dilakukan reboisasi pada tanah miring yang ada. Sehingga bisa mengurangi risiko bencana tanah longsor. Selain itu, warganya saat ini juga menjadi Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Kebersihan lingkungan semakin terasa nyaman dan aman. Khususnya untuk kesehatan.

“Kita bersyukur masyarakat mulai sadar kebersihan saat ini, minimal mereka membuang sampah pada tempatnya, sekarang hal itu sudah menjadi kebiasaan anak-anak,” kata dia.

Dengan demikian harapan lingkungan bersih dan menyehatkan bisa terwujud. Tentunya hal itu diraih dari kerja sama antarwarga.

“Bukan hanya di lingkungan rumah saja bersih-bersihnya tetapi di luarnya pun demikian,” pungkasnya.

(gal/c)