25 radar bogor

Mahasiswa IPB Raih Juara Debat Ekonomi Nasional

Mahasiswa IPB

BOGOR-RADAR BOGOR, Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh tiga mahasiswa yang tergabung dalam Tim Agricriticle Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam ajang lomba Debat Hipotex R 2018.

Kompetisi ini merupakan event yang digelar Himpunan Profesi Departemen Ilmu Ekonomi (Hipotesa) IPB September lalu. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan kompetisi akhirnya delegasi IPB berhasil meraih juara tiga dalam perlombaan ini.

Tim ini terdiri dari  tiga mahasiswa yang berbeda jurusannya yaitu Habibul Fuadi Hanif (Departemen Teknik Mesin dan Biosistem), Ilhamda El Zuhri (Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat), dan Futiha Hikmatul Husna (Departemen Biokimia).

Kompetisi ini merupakan ajang tahunan yang cukup bergengsi dan sangat diminati oleh mahasiswa di Indonesia.

Ketiga delegasi IPB tersebut memang bukan dari bidang ekonomi, sehingga perlu persiapan belajar materi-materi terkait ekonomi nasional, global dan ekonomi pembangunan. Untuk meraih juara dalam kompetisi debat ini,

ketiganya harus bersaing dengan tim-tim dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Kompetisi debat ini cukup ketat. Sebelum lolos memasuki tahap debat, pendaftar diwajibkan memberikan solusi kritis terhadap studi kasus dan permasalahan ekonomi.

Selanjutnya dipilih delapan besar tim yang berhak mengikuti lomba debat.

Dimulai dari babak penyisihan hingga ke semifinal, mereka dihadapkan pada tim-tim yang lolos delapan besar. Kebanyakan peserta lomba debat ini merupakan mahasiswa jurusan bisnis ataupun marketing.

“Kami sangat antusias dalam mengikuti kompetisi ini. Sebelum ke tahap debat, setiap tim pendaftar diharuskan menyelesaikan soal terkait isu ekonomi, ekonomi pembangunan hingga  ekonomi global yaitu ekspor dan impor. Senang sekali ketika tim kami lolos ke delapan besar dan Alhamdulillah bisa meraih juara,” ujar Habibul delegasi IPB dalam lomba tersebut.

Menyuarakan argumen dan solusi di perlombaan ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi mereka bertiga. Ilhamda atau akrab dipanggil Iin juga menambahkan bahwa kompetisi perdebatan ini sangat menarik, di babak awal kami berhasil mengalahkan tim dari Universitas Indonesia, selanjutnya di babak kedua tim IPB berhasil menang melawan tim dari Universitas Airlangga B, namun di babak ketiga kami kalah oleh tim Universitas Airlangga B, akhirnya kami memboyong pulang juara ketiga.

Setelah bertanding dari babak penyisihan hingga ke semi final, akhirnya tim Agricriticle IPB berhasil meraih juara ketiga dalam perlombaan ini. Untuk juara pertama diraih oleh Universitas Indonesia dan juara kedua diraih oleh tim B Universitas Airlangga. (Husna/Zul)