25 radar bogor

PKK Kota Bogor Garda Terdepan Pembinaan Keluarga

BOGOR–RADAR BOGOR,Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dharma Wanita Persatuan membantu dan menjadi mitra untuk keberlangsungan pemerintahan yang hebat. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

“Hampir semua kegiatan yang namanya untuk kepentingan masyarakat pasti PKK hadir paling depan. Semangat PKK jauh mengalahkan semangat dari SKPD,” ungkap Ade dalam pertemuan TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Kamis (18/10).

Ade menambahkan, dari mulai perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi dilakukan PKK dalam pemberdayaan perem­puan. Begitu pula dalam lomba- lomba seperti P2WKSS, UP2K, Posyandu, dan UKS selalu PKK mewarnai dan paling terdepan. “Kami di pemerintahan sangat terbantu dengan adanya PKK,” ujarnya.

Dia menyebutkan, PKK Kota Bogor mampu membuat inovasi dengan meluncurkan program Sekolah Ibu. Sedikitnya 2.040 kaum ibu di Kota Bogor mengikuti program ini.

“Ada perubahan sikap dan perilaku tentang peran seorang ibu bahkan Gubernur Jawa Barat sudah menyatakan hal itu akan menjadi sebuah program di Jawa Barat. Mudah-mudahan program ini bisa membantu dalam rangka membuat masyarakat Madani di Kota Bogor pada khusus­nya,” jelasnya.

Demikian pula dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP). Menurut Ade, pembangunan akan hebat manakala dilakukan ASN yang hebat juga.

“Kami menyadari Dharma Wanita juga sangat berperan dalam membentuk ASN yang hebat. Bisa bersikap dan berperilaku yang baik manakala Dharma Wanitanya juga hebat. DWP mampu berkontribusi dalam mengubah sikap dan perilaku seorang ASN,” ucapnya.

Sementara ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Yane Ardian mengatakan, dalam pertemuan rutin per tiga bulan sekali ini ikut dibahas juga mengenai Sekolah Ibu, yang baru saja mewisuda 2.040 kaum ibu di Kota Bogor. Penampilan juga diisi vocal group Asmaul Husna dari DWP Kota Bogor.

“Semoga dalam pertemuan ini bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi Kota Bogor, juga TP PKK dan DWP se-Wilayah I Jabar demi terwujudnya ketahanan keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bogor Endah Nurochmah, pertemuan ini merupakan kegiatan yang sangat baik karena selain silaturahmi melalui perte­muan ini masing-masing daerah bisa mengetahui pres­tasi-prestasi apa yang sudah diraih PKK maupun Dharma Wanita. Meskipun pada intinya Dharma Wanita itu bukan pada prestasi, tetapi lebih kepada pembinaan ASN.

“Bagaimana mendukung kinerja suami dan setelah itu bisa memberikan keterampilan kepada istri-istri ASN,” terangnya. Endah maupun Yane berharap pertemuan seperti ini tidak putus tetapi terus berlanjut.

“Kami berharap provinsi bisa membuat program-program agar silaturahmi ini tetap berjalan,” tuturnya.(cr4/c)