25 radar bogor

Lestarikan Museum Lewat Semangat Olahraga

Ribuan peserta

BOGOR – RADAR BOGOR, Ribuan pelari meriahkan Balai Kirti Run yang diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Kesenian dan Kebudayaan pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dengan Bogor Runner, Sabtu (20/10).

Diantara para pelari, terlihat juga Istri Kapolri, Jenderal Muhammad Tiro Karnavian, Tri Suswati, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bogor Kota, Ilik Ulung, juga Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy yang semangat lari hingga garis finish.

Kegiatan lari yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional. Dan juga peringatan empat tahun diresmikannya Museum Balai Kirti ini menempuh jarak 5 KM dari pintu masuk museum hingga garis finish yang berada di lapangan Kebun Raya Bogor.

Ketua Panitia Balai Kirti Run, Amurwani menjelaskan, mengangkat tema kita untuk museum, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya bagi pecinta lari agar bisa melestarikan sejarah bangsa dengan mengenal sejumlah museum yang berada di Bogor, khususnya.

“Lari gak hanya di track lari saja. Dari museum juga bisa. Jadi olahraga sekaligus mengenal sejarah Indonesia agar terus tumbuh rasa cinta tanah air, itu yang harus ditanamkan,” tegasnya kepada Radar Bogor.

Amur yang juga menjabat sebagai Kepala Museum Kepresidenan Balai Kirti itu berharap, dengan kegiatan ini, makin banyak para pecinta lari, khususnya generasi muda zaman sekarang yang suka mengunjungi museum.

“Dan terus mengekspolre berbagai kegiatan kekinian, bekerjasama atau melibatkan museum yang mulai ditinggalkan peminatnya. Agar sejarah terus diingat sebagai wujud menghargai para pahlawan kita,” singkat Amur.

Selain kegiatan lari, setelah finish, panitia pun menyediakan doorprize yang dipandu oleh Widi Dwinanda. (ran)