25 radar bogor

SDN Bantar Kemang 3 Bersih-bersih hingga Luar Sekolah

BOGOR–RADAR BOGOR,Kebersihan lingkungan tidak hanya di area sekolah. Demikian prinsip yang ditanamkan Kepala SDN Bantar Kemang 3, Herry Agustin kepada anak-anak didiknya. Menurutnya, kebersihan juga harus dilakukan hingga ke luar sekolah, terutama lingkungan di sekitar sekolah.

“Anak-anak terbiasa melakukan bersih-bersih di luar halaman sekolah, yang memang halaman sekitar warga,” ujarnya. Biasanya, kata dia, anak-anak akan dipandu langsung guru yang bertugas. Anak-anak yang bertugas, mulai dari kelas empat sampai lima.

“Lalu ada Jumat bersih setelah kultum, anak-anak bersih-bersih baik di halaman sekolah atau ke luar. Dan untuk bersih-bersih di luar sekolah, memang sudah ada jadwal setiap harinya,” ujarnya.

Sudah berjalan beberapa bulan, lanjut dia, kalau tidak digalakkan soal kebersihan mungkin tidak akan seperti ini. Jadi anak-anak pun sudah mulai menerapkan kebersihan ini. “Saat ini pun sampah sudah berkurang, karena setiap hari itu anak-anak membawa tempat bekal sendiri, yang disimpan di kelas masing-masing,” tuturnya.

Ompreng itu sendiri disimpan di sekolah, kata dia, jadi setelah dipakai, anak-anak bisa langsung mencucinya di wastafel yang sudah disediakan sekolah.

(cr4/c)