25 radar bogor

Indonesia Jadi Satu-satunya Delegasi yang Menyuarakan Kepentingan Ini

Anggota Delegasi Indonesia yang juga Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Jawaeni saat berbicara dalam Sidang IPU 139 di Jenewa Swiss 14-18 Oktober 2018. (DPR RI) Share this image

JAKARTA-RADAR BOGOR Sejumlah isu dibahas dalam sidang komite dan assembly untuk menghasilkan resolusi yang akan diadopsi dalam Sidang IPU 139 di Jenewa Swiss 14-18 Oktober 2018. Parlemen Indonesia mendorong sejumlah penting, termasuk demokrasi dan perdamain dunia.

Menurut Anggota Delegasi Indonesia yang juga Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Jawaeni, sejak awal parlemen Indonesia membawa misi bagaimana mewujudkan kehidupan dunia yang lebih aman, damai, dan berkeadilan.

“Kita menyerukan dan mendorong parlemen dunia untuk menjadikan Sidang IPU sebagai momentum mempromosikan dunia yang lebih aman damai dan berkeadilan baik dalam aspek pembangunan,” ungkap Jazuli dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Anggota BKSAP DPR ini memberikan penekanan pada isu penanganan korban perang, konflik, dan kekerasan bersenjata yang terjadi di dunia khususnya terhadap nasib rakyat Palestina, Suriah, Yaman dan Rohingnya di Myanmar.

“Delegasi Indonesia menjadi menjadi satu-satunya negara yang menyuarakan penyelesaian tuntas dan komprehensif atas nasib pengungsi dan korban kekerasan bersenjata khususnya di Palestina, Suriah, Yaman dan Rohingya di Myanmar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Anggota Komisi I DPR ini mengatakan bahwa dunia tidak boleh berhenti hanya dengan mengutuk, menyesalkan atau mengecam. Tapi, harus mengambil langkah nyata dengan memberikan solusi yang komprehensif.

“Kita anggota parlemen dunia yang mewakili rakyat dunia semestinya mampu mewujudkan solusi tersebut dengan mendesak negara-negara anggota IPU menyelesaikan masalah kemanusiaan ini dengan terukur dan komprehensif,” tandasnya.

Diketahui, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Fadli Zon, Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf dan Wakil Ketua Rofi Munawar serta Anggota Jazuli Juwaini, Evita Nursanty, Achmad Ferial, Melani Suharli, Irine Yusiana, Aryo Djojohadikusumo dan Dave Fikarno menghadiri Sidang Umum Inter-Parliamentary Union (IPU) 139 di Jenewa Swiss.

(gwn/JPC)