25 radar bogor

Endemik DBD, Ini Saran Dinkes Kepada Warga Desa Benteng

Ilustrasi

CIAMPEA–RADAR BOGOR, Warga Kampung Kebun Eurih RW 04, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, kini tengah waspada terhadap wabah demam berdarah deungeu (DBD). Sebab, beberapa warganya terindikasi positif terjangkit DBD.

Itu berdasarkan hasil temuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor. Tidak hanya itu, Dinkes juga menemukan beberapa titik endemik DBD yang menjadi sarang nyamuk aedes egypty.

“Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang kami terima dari puskesmas, memang ditemukan beberapa titik sarang nyamuk. Termasuk di salah satu rumah penderita DBD,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, dr. Agus Fauzi kepada Radar Bogor.

Awas, Penyakit DBD Hantui Warga Pamijahan

Menurutnya, sarang nyamuk itu berada di lingkungan yang kotor. Dari hasil penelusuran itu, Dinkes yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Ciampea, akan mengambil sejumlah langkah-langkah, mulai dari abatisasi, penyuluhan, hingga fogging. “Lokasi endemik itu di Kampung Kebun Eurih RT 03/04,” ucapnya.

Ia meminta masyarakat agar membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat. Sebab, lanjut dia, nyamuk DBD tidak mungkin ada di tempat yang bersih. Lingkungan yang kotor akan jadi potensi penyebaran DBD. “Kami akan fogging sabtu ini. Tapi, kami juga minta masyarakat agar tetap menjaga lingkungan,” imbuhnya.(cr3/c)