25 radar bogor

Melawan Pelaku Perampokan, Pelajar SMA Ini Diganjar Penghargaan

Ilustrasi

JATIRAHYU – RADAR BOGOR, Aksi heroik seorang pelajar SMA di Kota Bekasi ini bisa dijadikan contoh oleh masyarakat dalam membantu memerangi aksi kriminalitas.

Betapa tidak, pelajar yang diketahui bernama Muhammad Al Visa (16) itu, berani melawan perampok sehingga pelaku gagal menjalankan aksinya.

Aksi heroik Muhammad terjadi saat dia tengah berjalan kaki di pinggir jalan di Perumahan Kologad, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati pada Selasa (9/10/2018) siang.

Saat menuju sekolah, tiba-tiba dia dipepet oleh dua remaja bersenjata celurit yang datang menggunakan satu unit sepeda motor.

Pelaku IB (19) yang dibonceng, langsung merebut ponsel korban. Sementara pelaku AS (18) bersiaga di atas sepeda motornya.

Perbuatan pelaku memancing reaksi korban yang secara spontan melawannya dengan menarik kembali ponselnya.

Bahkan Muhammad sempat merangkul leher keduanya hingga, IB dan AS terjatuh dari atas sepeda motor.

Kesal dengan perlawanananya, kedua pelaku sempat memukul Muhammad hingga memancing perhatian warga setempat.

Tanpa perlawanan, IB dan AS diamankan dan dibawa ke Mapolsek Pondok Gede untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Berkat aksi heroiknya itu, Muhammad mendapat penghargaan dari kepolisian yang diberikan langsung oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto.

“Saya salut dengan keberanian korban dalam menghadapi pelaku kejahatan. Tindakan korban perlu diapresiasi,” kata Indarto.

Muhammad Al Visa tidak menyangka bisa memperoleh penghargaan dari kepolisian setempat.

Niat dia melawan, sebetulnya untuk menyelamatkan sebuah ponsel yang dirampas tersangka.

“Kalau ditanya bangga pasti saya bangga. Saya melawan mereka (pelaku) karena tidak terima ponsel saya diambil paksa,” ujar dia. (ps/kub)