25 radar bogor

Siap Ngebut Ngejar Profit Lebih Besar?

Penulis : Mohamad Cholid ( Business & Executive Coach, sertifikasi Marshall Goldsmith Stakeholder Centered Coaching)

“Judge a man by his questions rather than by his answers.” – Voltaire.

MANUSIA ditentukan oleh kemampuannya mengajukan pertanyaan, bukan kepandaiannya memberikan jawaban. Kata-kata bijak dari Voltaire (1694 – 1778), filsof Prancis yang sangat gigih memerjuangkan kemerdekaan berpikir tersebut, akan selalu relevan bagi para pengelola organisasi bisnis dan non-bisnis.

Apalagi jika anggota tim kita terdiri dari para profesional lintas generasi, dari angkatan penggemar The Beatles sampai generasi millennial. Sejumlah hal selalu harus diuji ulang, sesuai tantangan keadaan.

Edukator manajemen modern kelas dunia Peter F. Drucker, yang ilmunya sudah diterapkan oleh para pendiri ribuan perusahaan hebat, di antaranya HP (Hewlett-Packard) dan Facebook, selalu memberikan tantangan kepada para pengusaha dengan pertanyaan-pertanyaan menukik.

Dihadapi dengan sederet pertanyaan to the point, setiap eksekusi diuji latar belakang dan kehandalannya, banyak pengelola bisnis atau pemimpin organisasi merasa tidak nyaman. Tapi, jika Anda sungguh-sungguh ingin mengembangkan usaha, pertanyaan mendasar itu sesungguhnya merupakan kebutuhan rutin.

Mohon diingat kembali: Dalam kenyamanan tidak ada pertumbuhan. Sukses di masa lalu tidak dapat dijadikan patokan untuk menentukan keberhasilan hari ini dan esok.

Banyak pengusaha dan eksekutif memiliki kecenderungan menggenjot sales untuk membuktikan pertumbuhan dan menambah aset/proyek untuk memperbesar bisnis.

Pertumbuhan agresif tanpa didukung sistem yang kuat untuk menopangnya ibarat ngebut dengan mobil yang mesinnya belum disetel ulang (tune up), ban tidak balance, dan sistem kemudi masih oblak. Maka selalu cek ulang, bertanya kembali dengan lugas kondisi internal secara periodik, merupakan keharusan.

Sekarang pertengahan Oktober, atau kuartal terakhir untuk memastikan target 2018 yang Anda patok dapat tercapai atau tidak. Mampu melebihi target atau jauh di bawahnya. Hari ini saatnya Anda melakukan evaluasi, mempertanyakan kebijakan dan eksekusi yang dilakukan, serta menentukan langkah jitu meraih tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Bukankah Anda memerlukan akselerasi untuk meningkatkan hasil dan profit lebih besar?

Sukses kepemimpinan Anda sangat dipengaruhi oleh keberanian mempertanyakan kembali sejumlah hal berikut – lantas jawablah dengan jujur, lugas, disusul action melakukan perbaikan:

Apakah struktur dan hirarki organisasi sekarang dapat mendukung terciptanya lingkungan kerja yang mendorong tim lebih kreatif, penuh inisiatif?

Melihat tantangan pasar sekarang, apa saja dari bisnis yang perlu dibangun ulang (reinvented)?

Apakah pujian atas sukses masa lalu telah menyebabkan para eksekutif dan tim manja dan kehilangan daya juang untuk terus meningkatkan kinerja?

Jika semua area dalam sistem operasional organisasi menghasilkan tingkat kinerja seperti sekarang, area apa saja yang mesti diperbaiki untuk mampu memberikan hasil lebih baik?

Agar manajemen dan eksekutif pelaksana bekerja lebih efektif, perilaku kepemimpinan seperti apa yang harus dikembangkan?

Siapa sesungguhnya pelanggan kita? Perubahan apa saja yang telah terjadi dan dampaknya kepada bisnis? Ini lebih dari sekedar data demografis, tapi upayakan gali lebih dalam.

Apakah tim memiliki kompetensi yang fit untuk diajak lari kencang mengejar target?

Pertanyaan diatas merupakan pengembangan dari Peter Drucker’s Five Questions. Anda bisa melakukan penggalian menyangkut situasi internal organisasi lebih mendalam lagi, termasuk bertanya kepada diri sendiri seperti ini: Siapa saja yang dapat diandalkan untuk mengatakan realitas pasar apa adanya, walaupun tidak menyenangkan?

Kita memerlukan mitra atau tim yang dapat berterus terang menyangkut realitas organisasi. Ini penting untuk ditekankan, karena masih banyak pemimpin usaha – juga bos di organisasi lain – hanya bersedia mendengar apa yang ingin didengar, bukan apa yang seharusnya didengar. (*)

(Untuk konsultasi mengembangkan bisnis Anda secara sehat, kontak Nella – 085280538449)