25 radar bogor

PKS Bakal Gunakan Kampanye Negatif, Kubu Jokowi: Datanya Jangan Ilusi

Ilustrasi: Pilpres 2019 (Koko/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman yang bakal menggunakan kampanye negatif di pemilu 2019 menuai pro kontra. Tak terkecuali dari Eriko Sutarduga selaku Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Dia mengaku tak masalah dengan cara Sohibul yang bakal menggunakan senjata kampanye negatif pada lawan politik di pemilu kali ini. Namun menurut Eriko, ia mengingatkan bahwa tetap harus menggunakan data-data yang konkrit.

“Sebenarnya kalau mau menyampaikan kampanye negatif ini tentu dengan data yang benar-benar nyata. Jangan berupa misalnya, ilusi-ilusi,” kata Eriko di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/10).

Eriko berpendapat, kampanye negatif yang dilakukan oleh tim pemenangan paslon tertentu memang kerap kali menggunakan fakta yang dinilainya ilusi. Artinya, data-data yang disampaikan tidak sesuai fakta sebenarnya.

“Ini sering terjadi menyampaikan kampanye negatif dengan ilusi-ilusi, dengan perbandingan-perbandingan yang tidak dengan data sesungguhnya,” ucap Eriko.

Menurutnya, kampanye juga tetap tidak boleh melupakan untuk beradu ide, gagasan dan konsep yang konkrit. Dalam hal ini, ia juga mengkritik kerja nyata apa yang telah dilakukan oleh PKS.

“Apa yang sudah dilakukan PKS selama ini? artinya di dalam parlemen yang ada selama ini apakah sudah melakukan dengan sungguh-sungguh? karena kalau kita lihat praktik (PKS) di parlemen tidak seperti itu kenyataan yang ada,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden PKS Sohibul Iman mengintruksikan seluruh kadernya untuk menggunakan kampanye negatif di pemilu 2019 kali ini. Namun porsi untuk kampanye dengan mengangkat kelamahan lawan tersebut hanya 20 persen. Sisanya, ia tetap bakal menggunakan kampanye positif.

(aim/JPC)