25 radar bogor

SDN Cibeureum 1 Tanamkan Karakter Hidup Bersih

BOGOR–RADAR BOGOR,Program membawa ompreng dan tempat air minum sendiri yang diinstruksikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor rupanya telah dilakukan lebih dulu oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibeureum 1.

Saat ini program tersebut sudah memasuki tahun kedua. Sebab diyakini program tersebut dapat membiasakan siswa untuk berperilaku bersih dan sehat.

“Alhamdulillah program yang sudah berjalan di tahun kedua ini sinkron dengan Disdik, karena hasilnya itu volume sampah berkurang, biasanya satu hari lima kantong besar, saat ini hanya dua kantong saja karena program itu,” ujar Kepala SDN Cibeureum 1 Nila Kirana kepada Radar Bogor, kemarin (15/10).

Selain itu ada juga program lainnya. Yakni satu hari tanpa jajan. Program itu dilaksanakan setiap hari Jumat. Sehingga para siswa wajib membawa bekal masing-masing. Meski masih ada beberapa anak yang kelupaan untuk membawa, tugas tenaga pendidik untuk terus mengingatkannya.

“Tugas kita terus mengingatkannya sehingga bisa menjadi kebiasaan siswa, karena dengan begitu kita membantu pemerintah juga untuk mewujudkan Bogor kota yang bersih,” tuturnya.

Nilai-nilai kebersihan perlu dipaksakan pada awalnya. Hasilnya akan terasa ketika anak beranjak dewasa. Karena apa yang telah ditanamkan pihak sekolah kepada siswa terkait kebersihan dan kesehatan bisa diterapkan agar hidupnya bisa lebih sehat.

“Terutama mengubah karakter yang kurang baik menjadi baik untuk hidup yang sehat dan bersih,” pungkasnya.

(gal/c)