25 radar bogor

Pamijahan Diterjang Longsor dan Puting Beliung, Rumah Warga Porak Poranda

LONGSOR

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Setelah dilanda puting beliung, Selasa (16/10/2018) dini hari tadi giliran longsor melanda Kecamatan Pamijahan. Longsor terjadi di Kampung Babakan RT01/08, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Longsor ini disebabkan curah hujan yang deras dan kondisi tanah labil. Informasi yang diterima Radar Bogor, longsor menimpa rumah milik ketua RW, saudara Boih dan Sawah.

Tidak hanya rumah warga, longsor juga menutupi lahan persawahan. Luas sawah yang tertimpa longsoran sekitar 1000 meter persegi dan rumah seluas 12×8 meter persegi.

Ngeri! Longsor dan Puting Beliung Terjang Pamijahan, Lihat Foto-fotonya

Jumlah anggota keluarga yang terimbas longsor ada lima orang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kondisi rumah yang tertimpa longsor rusak berat. Sementara penghuni rumah sudah mengungsi ke rumah saudara terdekat. Hingga kini, beberapa petugas masih berusaha membantu mengevakuasi korban longsor dan menyingkirkan material longsor.

Sebelumnya empat rumah di Kampung Cimayang Asem RT 06/02, Desa Cimayang rusak diterjang puting beliung. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.30 Minggu (14/10/2018).

Eman (49) salah seorang warga yang rumahnya rusak mengatakan kejadian begitu cepat. Untungnya, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Padahal, saat kejadian, Eman tengah berada di dalam rumah bersama tiga keluarganya.

Puting Beliung Terjang Pamijahan, Empat Rumah Warga Rusak

“Untuk sementara saya berjaga-jaga dulu sambil evakuasi dibantu masyarakat. Untuk kedepannya bagaimana nanti saja. Sementara tinggal di rumah keluarga terdekat dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor Sumardi mengatakan, berdasarkan assesment yang dilakukan Tim Respon Cepat BPBD, korban terdampak seluruhnya ada empat rumah dengan empat kepala keluarga dan dua belas jiwa.

“Seluruhnya ada empat rumah yang rusak. Yaitu milik Eman S rusak berat, Asep Sopian rusak sedang, Muhammad Iwan rusak sedang, dan Yeyet rusak ringan,” jelasnya.(cr3/c)