25 radar bogor

SD Islam Ibnu Hajar Jadi Sobat Bumi

Para siswa SD Islam Ibnu Hajar saat belajar berwirausaha.

BOGOR–RADAR BOGOR,Di Ibnu Hajar ini terdapat program kebersihan yang dinamakan sobat bumi, yakni zero weast, tanpa sampah plastik yang sudah diterapkan sejak 2014. program yang sangat baik untuk anak-anak terutama untuk menjaga lingkungan. Hal ini diungkapkan Kepala SD Islam Ibnu Hajar, Aris Munandar.

“Ketika anak-anak datang ke sekolah tidak boleh membawa apa pun yang berkemasan plastik. hal itu bertujuan agar anak-anak tahu bahwa sampah plastik itu tidak bisa dicerna selama puluhan atau ratusan tahun. Kita harus menjaga bumi kita, salah satunya dengan program zero weast tersebut. Di sini harus bebas tanpa sampah plastik,” bebernya.

Lalu, tambah dia, ada revolution yakni sekolah tanpa polusi, jadi memang sedang memberikan pemahaman pada anak-anak yang rumahnya dekat dengan sekolah untuk menggunakan sepeda. “Setiap Rabu pun ada program namanya Rabu gowes,” ucapnya.

Sambung dia, pihaknya juga ingin membuat satu saluran air terintegrasi. Ingin menampung sebanyak-banyaknya air terutama air hujan untuk sumber air di sini.

“Jadi ingin menjaga lingkungan dengan memanfaatkan air hujan untuk ditampung di sumur resapan tersebut. Tiga program ini yang menjadi bahasan untuk lingkungan di sekolah ini,” tukasnya.

(cr4/c)