25 radar bogor

Kuliah Tamu Departemen Ilmu Ekonomi IPB: “Introduction to R: an Open Source Statistical Program”

Kuliah tamu yang bertajuk “Introduction to R: an Open Source Statistical Program” di Common Class Rooms (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (10/10/2018)

BOGOR-RADAR BOGOR, Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB), melaksanakan kuliah tamu yang bertajuk “Introduction to R: an Open Source Statistical Program” di Common Class Rooms (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (10/10/2018).

Dalam kesempatan kali ini, kuliah tamu tersebut mengundang Jack Hetherington, peneliti dari University of Adelaide, Australia.

Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB, Dr. Sahara, S.P, M.Si menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah mahasiswa menggunakan produk software pengolah data yang belum berlisensi.

Apabila mahasiswa menggunakan R sebagai software pengolah data, mahasiswa tidak harus membeli lisensinya karena bersifat open source yang mana semua orang bisa mengunduhnya secara gratis.

Sementara itu, Jack Hetherington mengatakan bahwa Ia sudah menggunakan banyak software pengolah data,  mulai dari Stata, Eviews, dan lain-lain. Semua software tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Salah satu hal yang membedakan R dengan yang lain ialah R bersifat open source yang membuat semua orang bisa menggunakan software original tanpa harus mengunduh software tak berlisensi. Saya sendiri belum menganggap diri saya ahli dalam aplikasi ini, namun saya berharap apa yang saya berikan hari ini bisa bermanfaat untuk penelitian anda semua,” jelasnya.

Kuliah tamu kali ini pun dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jenjang mulai dari sarjana hingga pascasarjana dan mahasiswa internasional yang sedang studi di IPB. (KD/Zul)