25 radar bogor

Horee!! 160 SMP Swasta di Kabupaten Bogor Kebagian Dana Hibah

Ilustrasi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kabar gembira menyelimuti 160 SMP swasta di Kabupaten Bogor. Pasalnya, sekolah-sekolah ini akan mendapatkan bantuan hibah pengembangan sarana dan prasarana pendidikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Namun, sebelum proses pencairan, Dinas Pendididikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan memberikan rambu mengenai petunjuk teknis penggunaannya. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Sarpras SMP Disdik Kabupaten Bogor, Muchlis.

Dia menjelaskan, hibah bersumber dari ABPD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2018. Terdapat 160 SMP swasta penerima. Dia melanjutkan, setiap sekolah menerima bantuan untuk pembangunan dua unit ruang kelas baru. “Total bantuan hibah direalisasikan untuk pembangunan 320 unit ruang kelas baru,” katanya.

Muchlis menegaskan, mereka akan melakukan pengawasan dan pembinaan kepada sekolah yang menerima bantuan tersebut. “Dana bantuan akan ditransferkan langsung ke rekening masing-masing sekolah. Masa pengerjaannya hampir sama dengan paket reguler, sekitar dua hingga tiga bulan,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat meminta kepada para kepala sekolah penerima hibah bantuan sarpras mengikuti juklak dan juknis. “Walau bentuknya hibah dan dikerjakan secara swakelola, tetap saja pengawasan berada di Disdik. Hal tersebut untuk menjaga kualitas, hingga tahapan pengerjaan di lapangan,” paparnya.(wil)