25 radar bogor

Keluarkan Lava Pijar, Status Gunung Anak Krakatau Waspada

Gunung anak krakatau
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau erupsi
Gunung Anak Krakatau

LAMPUNG-RADAR BOGOR,Gunung Anak Krakatau  di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan naik menjadi status waspada.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 40 kali aktivitas kegempaan letusan di Gunung Anak Kratau sepanjang kemarin.

Seperti dilansir Antara Minggu, 14, Oktober 2018, laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos pengamatan Gunung Anak Kratau menyebutkan visual malam teramati sinar api dan aliran lava pijar mengarah ke selatan.

Kemudian, terdengar suara dentuman di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau. Kondisi ini terjadi sepanjang Sabtu, 13 Oktober 2018, pukul 00.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Sepanjang pengamatan, Gunung Anak Krakatau mengalami aktivitas kegempaan letusan 40 kali dengan amplitudo 10-27 mm, durasi 5-35 detik. Tektonik jauh satu kali, amplitudo 5 mm, S-P tidak terbaca, durasi 43 detik.

Sepanjang pengamatan, Gunung Anak Krakatau mengalami aktivitas kegempaan letusan 40 kali dengan amplitudo 10-27 mm, durasi 5-35 detik. Tektonik jauh satu kali, amplitudo 5 mm,S-P tidak terbaca, durasi 43 detik.

Suhu udara berada antara 25-33 derajat celsius dengan kelembapan udara 57-84 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Visual gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer. (aga/med/ysp)