25 radar bogor

SDN Duta Pakuan Ajarkan Siswa Bercocok Tanam

Aktivitas siswa SD di Kota Bogor
Foto-foto galuh/radar bogor Kerja bakti membersihkan area halaman depan SDN Duta Pakuan

BOGOR–RADAR BOGOR,Membersihkan lingkungan sekolah menjadi suatu kewajiban di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Duta Pakuan. Beragam program telah dicanangkan untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman, indah, bersih dan asri.

Selain itu, pihak sekolah juga gencar mengajarkan siswanya untuk berkebun. Sekolah yang berlokasi di Jalan Baranang Siang Indah V itu menyediakan lahan untuk siswanya bercocok tanam.

“Kita punya program penanaman kebun sekolah, kemarin baru saja panen seperti jagung dan kangkung, itu dikhususkan untuk kelas 6,” ujar Kepala SDN Duta Pakuan, Gunawan kepada Radar Bogor, kemarin (12/10).

Tanamannya, kata Gunawan, tergantung wali kelasnya. Sebab nanti hasilnya juga boleh dibawa pulang oleh siswa. Selain bercocok tanam, ada juga program kultum di setiap hari Jumat. Usai menggelar kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) para siswa menghadiri kultum. Usainya mereka dibiasakan untuk operasi semut.

“Alhamdulillah saat ini sudah ada peningkatan kesadaran dari anak-anak, sampah mulai berkurang, terutama plastik,” tuturnya.

Keasrian di sekolah juga semakin terasa saat Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mengintruksikan agar para siswa membawa ompreng dan tempat minum sendiri.

Program Sekolah Kinclong itu dampaknya cukup luar biasa. Khususnya mengurangi volume sampah di lingkungan sekolah.

“Karena ini program baru jadi masih terus pembiasaan, ke depan kita akan sediakan loker agar ompreng dan tempat minum mereka bisa dicuci dan disimpan di sekolah, jadi saya harap sekolah bisa lebih bersih, aman dan sehat,” pungkasnya.

(gal/c)