25 radar bogor

SDN Bantar Kemang 2 Canangkan Sekolah Kinclong

 Rutin menyiram tanaman dibiasakan kepada para siswa SDN Bantar Kemang 2. (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Kebiasaan baik terus ditanamkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantar Kemang 2. Kini dampaknya terasa. Khususnya dalam kebersihan dan keindahan lingkungan.

Anak tak perlu lagi ditegur atau dinasihati untuk menjaga kebersihan. Karena bukan hanya lisan, tenaga pendidik pun turut menjadi tauladan.

“Kita membiasakan kebersihan pada mereka sejak dini, agar perilaku tersebut bisa melekat hingga mereka dewasa,” ujar Kepala SDN Bantar Kemang 2, Dede Farida kepada Radar Bogor, kemarin (12/10).

Selain itu, program yang dicanangkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yaitu Sekolah Kinclong membuat anak semakin terbiasa hidup bersih dan sehat. Para siswa, kata Dede, saat ini sudah membawa ompreng dan tempat minum sendiri.

Hasilnya luar biasa. Selain kesehatan, lingkungan sekolah pun bersih dari sampah plastik.

“Volume sampah itu berkurang lebih dari 50 persen, penjaga sekolah biasanya mengangkut tiga karung sampah per hari, kini hanya satu karung, itupun tidak penuh,” terangnya.

Para pedagang di sekitar sekolah, sambungnya, juga turut disosialisasikan untuk mengurangi wadah berbahan plastik. Tetapi menggunakan ompreng yang dibawa oleh para siswa.

“Saya harap dengan seperti ini bisa meningkatkan nilai jual sekolah dan para orang tua percaya untuk menyekolahkan anaknya di sini,” pungkasnya.

(gal/c)