Beranda Bogor Raya Barat Utara

Dibiarkan Tidak Terawat, Begini Kondisi Situ Burung Dramaga

TAK TERAWAT: Situ Burung di Kampung IPB Dramaga, dibiarkan tidak terawat oleh pemerintah.

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Beberapa situ di Kabupaten Bogor, kini kondisinya sangat memprihatinkan. Pemkab Bogor terkesan membiarkan dan ogah merawatnya. Salah satunya Situ Burung di belakang Kampung IPB Dramaga, yang kondisinya tak terawat.

Padahal, jika ditata dengan baik, situ ini bisa menjadi kawasan wisata cukup menjanjikan. “Saat ini kondisinya tak terawat,” ujar Fandi (33) salah satu warga sekitar kepada Radar Bogor, Jumat (12/10/2018).

Menurutnya, pemandangan kumuh di sekitar Setu cukup menganggu. Senada dengan Ajat Munawar (40) warga Desa Cikawang tersebut juga mengeluhkan warga yang kerap membuang sampah dikawasan tersebut.

Ia juga kesal dengan pemerintah yang tak menata Situ Daun untuk dijadikan kawasan wisata. Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Cikarawang Sapturi Wijaya mengakui jika situ yang memiliki luas 2.5 hektar itu belum mendapatkan banyak sentuhan dari pemerintah.

“Saya sudah pernah mengajukan proposal ke Pemda untuk penataan Situ Burung. Cuma waktu itu ditolak. Alasannya ada dua, pertama belum ada jalur untuk kendaraan roda empat yang dapat melingkar. Yang kedua tidak ada lahan parkir yang bisa digunakan,” ujarnya.

Meski pernah ditolak, Sapturi tidak kehabisan akal. Di tahun 2019 nanti, ia berencana untuk menjadikan Situ Burung sebagai salah satu destinasi wisata. Pengembangan usaha kecil menengah, kata dia, memungkinkan sekali dilakukan di kawasan tersebut.

“Saya juga sudah memprediksi di tahun mendatang, yang paling mungkin untuk kita lakukan adalah membuat jalur pejalan kaki dan sepeda. Jadi, untuk sekedar menikmati dan berkeliling Insya Allah bisa. Kita juga akan berdayakan UKMnya secara bertahap,” terangnya.

Selain penataan pinggiran dengan area menambah area tracking. Sapturi juga ingin membangun gazebo-gazebo di pinggitan Situ. “Saya berharap Pemkab Bogor bisa bantu rencana ini,” tukasnya.(cr3/c).

Baca Juga