25 radar bogor

SDN Selaawi Bogor Libatkan Anak Jaga Kebersihan

BOGOR–RADAR BOGOR,Untuk kebersihan sekolah, anak–anak dilibatkan. Terutama untuk kelas empat sampai enam yang memang dianggap sudah besar, selain piket, mereka dibagi tugas untuk membersihkan di halaman sekolah.

Akan dipandu oleh guru kelasnya masing–masing, jadi kalau untuk penjaga hanya untuk membuang sampah. Hal itu diungkapkan oleh Kepala SDN Selaawi Bogor, Yuniarsitah.

“Jadi anak–anak sudah terbiasa, setiap pagi piket pada kelas masing–masing dengan tertib dan semangat,” bebernya.

Tidak hanya karena lomba, sambung dia, memang sudah diterapkan sejak lama, sampai dapat penghargaan Adiwiyata. “Jadi Alhamdulillah anak–anak karakternya sudah mulai tumbuh untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Juga ada istilah lisa (lihat sampah ambil) yang mulai dibiasakan anak–anak,” ujarnya.

Masih kata Yuniarsitah, memang guru harus terus-menerus membiasakan, diperingatkan terus agar anak–anak selalu ingat menjaga kebersihan.

“Lalu di sini juga menyelenggarakan lomba kelas bersih. Jadi siswa biasanya ada kegiatan jual beli, misal ada penjual dan pembeli, dengan berkelompok. Dilaksanakan dua bulan satu kali. Guna untuk menumbuhkan rasa kerja sama dan peduli masing–masing,” tukasnya.

(cr4/c)