25 radar bogor

Gembleng Siswa Baru, Jadikan LDKS Sebagai Ajang Pendidikan Karakter

PENDIDIKAN:
PENDIDIKAN: Siswa siswi SMK Amaliah Ciawi, nampak seius mengikuti kegiatan LDKS, Kamis (11/10/2018).

BOGORRADAR BOGOR, Sebanyak 417 siswa baru SMK Amaliah Ciawi mengikuti latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) di Kampung Jawa, Megamendung.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni Rabu–Kamis (10-11/10) ini menjadi agenda rutin tiap tahun yang bertujuan untuk memberikan wawasan, serta penguatan pendidikan karakter bagi murid baru.

Kepala SMK Amaliah 2 Ciawi, Fenni Sartana menjelaskan, peserta berasal dari tujuh bidang kejuruan di SMK Amaliah Ciawi I dan II tahun ajaran 2018/2019.

Dengan konsep yang diusung dalam LDKS kali ini, yaitu berupaya meningkatkan kemandirian, disiplin, persaudaraan, dan kekompakan yang menyatu dalam ketauhidan.

“Dalam kegiatan ini juga, kami melibatkan instruktur militer dari Rumah Pintar Kostrad Cilodong, dengan pembinaan langsung dari anggota TNI sebanyak 10 orang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMK Amaliah 1 Ciawi, Gugun Gunadi mengatakan, materi yang dipaparkan dalam LDKS bagi para peserta, mulai dari penguatan karakter sosial, kekompakan, wawasan kebangsaan, hingga ketangkasan.

“Dipadukan dengan agenda keagamaan, sehingga setiap pelaksanaan materinya, disisipkan suri tauladan islami. Dengan tujuan, agar peserta selalu mengingat nilai-nilai keimanan, di segala rutinitasnya,” ucapnya.

Sambung Gugun, dengan adanya kegiatan ini pihak berharap, para murid memiliki tambahan motivasi, karakter pelajar yang tangguh, hingga mampu beradaptasi di lingkungannya.

“Dengan harapan kedepannya murid bisa tumbuh, dan berkembang menjadi pelajar yang memiliki kualitas komptensi diatas rata-rata,” tandasnya.(wil/c)