25 radar bogor

SDN Bangka 3 Treatment Sampah Lewat Lagu

BOGOR–RADAR BOGOR,Bukan pekerjaan mudah mengajarkan anak agar terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Terlebih harus memilah mana sampah organik dan anorganik dan sampah B 3. Namun, ada cara yang terbilang unik dilakukan SDN Bangka 3.

Dikatakan Kepala SDN Bangka 3, Suyarsih, setiap kali anak-anak mengikuti jam-jam olahraga selalu diputarkan lagu Jangan Membuang Sampah Sembarangan. Memberikan pemahaman Jangan Membuang Sampah Sembarangan melalui media yang menyenangkan.

“Sudah dari awal tahun ajaran baru ada lagu-lagu seperti itu. Nah di saat anak-anak olahraga, guru kelas itu kebagian tugas piket. Tugasnya sederhana, memastikan tidak tamu yang tidak diundang masuk ke sekolah,” katanya.

Suyarsih juga mengatakan, untuk urusan menjaga lingkungan, sekolah yang dihuni oleh 696 siswa ini sudah tidak perlu lagi diragukan. Terlihat dari terjaganya apotek hidup di sisi kiri sekolah, juga taman vertikal di dekat lapangan.

“Kami memanfaatkan tiap ruang yang ada. Karena lahannya minim, agar tetap asri dan nyaman, dibuatlah taman vertikal. Setiap hari selalu dirawat, minimal disiram oleh warga sekolah, termasuk anak-anak,” bebernya.

Lebih lanjut Suyarsih menjelaskan, kebiasaan positif lainnya yang mulai diterapkan sesuai instruksi Dinas Pendidikan, adalah dengan siswa yang diwajibkan membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah. Kebiasaan tersebut pun diakui Suyarsih berdampak pada berkurangnya volume sampah yang dihasilkan SDN Bangka 3.

“SDN Bangka 3 juga kan ditetapkan sebagai Sekolah Dasar Bersih dan Sehat (SDBS) juga Sekolah Layak Anak. Pencirinya apa, di sekeliling tempat anak beraktivitas dipastikan tidak ada benda-benda yang berbahaya, mereka dibuat aman. Lingkungan juga harus bersih, meski untuk kelas 1,2, dan 3 itu masih perlu waktu mengajarkan membuang sampah sesuai jenisnya,” tandasnya.

(wil/c)