25 radar bogor

Jonan Beberkan Alasan Harga Pertamax Cs Naik

Menteri ESDM Ignasius Jonan beberkan alasan harga Pertamax Cs mesti naik (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membeberkan alasan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO. Menurutnya, kenaikan itu dilakukan memang karena harga BBM tersebut mengikuti mekanisme pasar.

Artinya, ketika harga minyak dunia terus naik, maka harga BBM yang tidak disubsidi wajib mengikuti harga di pasaran.

“Jadi yang disesuaikan Pertamax, Pertamax Turbo juga Pertamax dan Pertadex. Karena bertahun-tahun sebelumnya juga ini Pertama series jenis Bahan bakar umum yang mekanismenya dilepaskan kepada pasar,” ujarnya di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10).

Lanjut Jonan, kenaikan itu juga ditunjukkan untuk kalangan menengah atas. Sebab, dia yakin masyarakat menengah bawah masih akan tetap menggunakan premium maupun solar.

“Masa kendaraan umum ngisi dexlite atau Pertadex, kan nggak. Jadi ini untuk konsumsi kalangan menengah atas. Jadi pemerintah juga menyerahkan kepada mekanisme pasar untuk Pertamax series,” jelas dia.

Selain itu, Jonan juga mengklaim jika kenaikan harga BBM jenis Pertamax series lebih murah dibandingkan kompetitor.

“Dari laporan saya terima per hari ini, bahwa Perta series disesuaikan sekitar Rp 100 atau Rp 200 lebih murah per liter dibanding dengan kompetitor seperti Total atau Shell dan seperti sedikit Petronas lah. Ini menunjukkan Pertamina sebagai BUMN ada concern lah. Detilnya bisa ditanyakan Menteri BUMN,” tutup mantan Menteri Perhubungan itu.

(hap/JPC)