25 radar bogor

Jalan Babakan Yang Longsor Mulai Dibentengi TPT

CIJERUK-RADARBOGOR, Longsor di tiga titik Kampung Babakan, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, tahun lalu yang menyebabkan menyempit­nya jalur alternatif Babakan-Ci­hideung, Desa Cipelang kini mu­lai ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Cibalung, Rusyadi, mengatakan, pengajuan penanganan longsor di Jalan Ba­bakan sudah diajukan hingga tingkat Pemerintah Daerah Ka­bupaten Bogor. Pengajuan terse­but berupa pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) agar jalan tak lagi ambles.

“Anggaran pembangunan yang kita lihat bersama di papan proy­ek sebesar Rp2,6 miliar lebih. Anggaran tersebut untuk tiga titik lokasi. Satu di Kampung Cibalung dan dua titik di Kampung Babakan. Harapannya, pembangunan TPT ini berjalan lancar dan jalur ini kembali normal dilalui kendara­an,” ujarnya.

“Semoga cepat se­lesai, sebentar lagi kan musim hujan. TPT sangat dibutuhkan. Selama pembangunan, kami minta pengendara berhati-hati saat melintas,” sambungnya.

Di tempat yang sama, penerima jasa pelaksana pembangunan, Wa­hyu, menjelaskan, pihaknya mengik­uti semua prosedur yang telah di­terapkan Dinas PUPR. Termasuk pemasangan papan proyek yang berisikan informasi pengerjaan.

“Semua kami kerjakan sesuai ara­han Dinas PUPR Kabupaten Bogor. Semoga berjalan lancar dan cepat selesai,” tandasnya. (nto/b/suf/py)