25 radar bogor

Foto-foto Dampak Gempa 6,3 SR Jawa Timur dan Bali, Bangunan Rusak Terparah di Sumenep

Salah satu rumah warga di Situbondo yang porak poranda setelah diguncang gempa 6,3 SR Kamis (11/10/2018) dini hari.

SITUBONDO-RADAR BOGOR, Gempa dengan magnitudo 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jawa Timur (Jatim) dan Bali, Kamis (11/10/2018) dini hari pukul 01.57 WIB.

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Jawa Timur dan Bali

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jatim pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan berdasar data sementara dampak gempa, dilaporkan tiga korban meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. “Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Jawa Timur,” katanya.

Gempa Jawa Timur dan Bali Renggut Tiga Korban Jiwa, Berikut Datanya

Sutopo melanjutkan, BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan kerusakan akibat gempa tersebut.

Kerusakan rumah terdapat di Desa Jambuir, Kecamatan, Gayam Kepulauan Sapudi, Sumenep. Kemudian, di Kopedi, Kecamatan Bluto, Sumenep, Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Masjid Desa Gendang Timur Kecamatan Sepudi, Sumenep, dan Nyabakan Timur Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Dia menambahkan gempa bumi dengan magnitudo 6,4 SR yang kemudian telah dimutakhirkan BMKG menjadi 6,3 SR terasa di seluruh wilayah Jatim.

Meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupatan Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik.

“Artinya gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa,” katanya.

Posko BNPB terus memantau perkembangan dampak gempa dan penanganannya. (boy/ysp)

Berikut Foto-foto Dampak Gempa 6,3 SR Jawa Timur dan Bali :