25 radar bogor

Dilanda Kekeringan, Pemdes Karihkil Persilakan Warga Ambil Air di Kantor Desa

CISEENG–RADAR BOGOR,Sumur bor yang ada di Kantor Desa Karihkil, ternyata memiliki manfaat. Semenjak musim kemarau, air sumur bor yang ada di halaman kantor desa itu kerap diambil masyarakat sekitar.

Menurut Ketua LPM Desa Karihkil, Lili Hambali, sumur bor yang dibangun di depan kantor Desa Ciseeng itu sudah dibangun sejak 2014 lalu. Air sumur bor tersebut tidak pernah kekeringan sekalipun di musim kemarau.

“Sejak empat bulan sampai sekarang mayoritas sumur warga Desa Karihkil itu keke­ringan. Jadi mereka sering mem­bawa ember dan jeriken untuk me­ngambil air di sini. Gratis. Ini milik masyarakat,” ujarnya k­e­pada Radar Bogor.

Sementara itu, Staf Kesra Desa karihkil M. Rokib menu­tur­kan, ada tiga kampung yang masya­­ra­katnya setiap hari paling banyak ke kantor desa untuk mengambil air, yakni Kampung Parung Leungsir, Kramatjaya, dan Bambu Kuning.

“Masyarakat seluruhnya sekitar 10.000 jiwa. Mayoritas mereka keke­ringan,” ucapnya. Ia mem­per­­­sila­kan warga mana pun yang ingin mengambli air datang ke kantor desa.

“Bisa kapan saja diam­bil, gratis,” katanya.(cr3/c)