25 radar bogor

Tim Cadangan Persib Dipaksa Kalah Tipis 1-2 oleh Madura United

Persib memainkan banyak pemain cadangan di laga versus Madura United. (persib.co.id)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perjalanan berat Persib Bandung hingga akhir musim Liga 1 2018 telah dimulai. Mereka menjalani laga usiran pertama melawan Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (8/10) malam dalam kondisi sangat timpang.

Ada tujuh pemain utama yang tak bisa dimainkan dalam laga ini. Menyisakan M Natshir, Victor Igbonefo, Supardi Nasir, dan Oh Inkyun. Sisanya diisi oleh pemain yang biasa dicadangkan. Akibatnya, Persib memang sulit tampil seperti biasanya.

Meski demikian, semangat tim cadangan Persib tetap tinggi. Mereka berjuang keras untuk bisa mencetak gol ke gawang Madura. Sayang, semangat ini kurang diimbangi dengan kemampuan barisan depan yang memang kualitasnya tidak sebanding dengan saat diperkuat Ezechiel N’Douassel dan Joni Bauman.

Persib mendapat kesempatan terbaik pada menit ke-7. Bola rebound ditendang balik oleh Hariono dan disambut sundulan oleh Airlangga. Sayang sundulannya masih mengarah ke samping gawang.

Petaka bagi Persib tiba pada menit 24. Bermaksud membuang bola rebound di kotak penalti Persib, Airlangga justru memberi penalti secara gratis bagi Madura. Karena bola mengenai tangannya sendiri.

Fabiano yang menjadi eksekutor penalti menjalankan tugasnya dengan sempurna. Tendangan Fabiano mengarah ke sisi kanan gawang, sementara M Natshir bergerak ke kiri. Madura unggul 1-0 sejak menit 26.

Di awal babak kedua Mario Gomez memasukkan Eka Ramdani menggantikan Airlangga. Perubahan formasi ini membuat Persib cukup kuat di lini tengah. Setidaknya Madura tidak bisa leluasa menguasai bola saat berada di lini tengah.

Hasilnya langsung didapat pada menit 48. Melalui sebuah situasi bola mati, tendangan bebas yang dikirim Supardi disambut dengan sempurna oleh Muchlis. Dengan posisi tak terkawal, Muchlis menyundul bola tanpa bisa ditepis Satria Tama.

Madura sempat mencetak gol melalui tendangan Samassa. Namun gol ini dianulir karena sebelumnya Greg sudah berada di posisi offside saat menerima umpan.

Namun demikian, gol kedua Madura akhirnya tercipta pada menit 59. Umpan Greg dihalau dengan kurang baik oleh Sabil. Bola pun mengarah tepat ke hadapan Zah Rahan yang dengan leluasa melakukan tendangan first time yang masuk tepat ke sudut gawang M Natshir.

Persib harusnya bisa menyamakan kedudukan andai sepakan Muchlis gagal ditepis Satria Tama. Mendapat umpan terobosan dari Inkyun, Muchlis berhadapan one on one dengan Satria Tama. Sayang sepakannya terlalu lemah dan masih ditepis ke luar lapangan.

Hingga akhir pertandingan Persib tak mampu kembali menyamakan kedudukan. Maung Bandung yang turun dengan banyak pemain pelapis pun gagal mendapatkan poin. Meski kalah, posisi puncak klasemen masih tetap dikuasai Persib Bandung.

Persib Bandung 1-2 Madura United
(Muchlis 48′ – Fabiano 26′-p, Zah Rahan 59′)

Susunan Pemain
Persib Bandung: M Natshir, Tony, Sabil, Igbonefo, Supardi, Hariono, Inkyun, Atep (Henhen 72′), Puja, Airlangga (Eka 46′), Muchlis (Wildan 74′)
Pelatih: Mario Gomez

Madura United: Satria Tama, Beny, Guntur, Fabiano, Rendika, A Berlian, Lucky (Samassa 46′), Slamet (Munhar 86′), Greg, Engelberd (Bayu 60′), Zah Rahan
Pelatih: Gomes de Oliviera

(adw/JPC)
#liga 1 2018