25 radar bogor

Hore… Puskesmas Jasinga Dilengkapi IGD

JASINGA-RADARBOGOR , Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan di setiap daerah selalu di­manfaatkan masyarakat. Seperti hal­nya Puskesmas Jasinga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah membangun penambahan ruang IGD untuk mendukung pelayanan kese­hatan berkualitas bagi masyarakat.

Kepala Puskesmas Jasinga, dr Noor Alya, mengatakan, salah satu bentuk upaya pembangunan di bidang kese­hatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga bisa mendukung pembangunan kese­hatan.

”Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan di setiap wilayah yang ba­nyak dimanfaatkan masyarakat,” ujar­nya.

Berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan, Puskesmas Jasinga saat ini sudah dilengkapi fasilitas unit rawat inap, Poned dan Instalasi Gawat Daru­rat (IGD). Saat ini kunjungan pasien untuk pelayanan kesehatan di Puske­smas Jasinga mencapai 150 sampai 200 orang per hari.

“Kebanyakan pa­sien menderita ISPA dan hipertensi. Kalau penyakitnya kronis akan kami rawat inap atau dirujuk ke RSUD di Kabupaten Bogor,” terangnya. ’

Menurut Noor, wilayah kerja Puske­smas Jasinga cukup luas. Setiap pus­kesmas bisa menangani lima hingga tujuh desa sekaligus. (kmg/b/suf/py)