25 radar bogor

Jakarta Dihampiri Hari Tanpa Bayangan Siang Ini, LAPAN Ungkap Faktanya

JAKARTA-RADAR BOGOR,Jakarta dan Serang akan terkena hari tanpa bayangan Selasa (9/10/2018) siang. Fenomena alam ini dibenarkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dilansir dari Liputan6.com, para peneliti mengungkapkan, fenomena ini setidaknya terjadi dua kali dalam satu tahun di Indonesia, yakni pada Maret-April dan September-Oktober.

Peneliti sains antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, dalam keterangannya, mengungkap kalau selain Jakarta dan Serang, daerah lain yang posisinya ada di -6 derajat Lintang Selatan juga bakal mengalami Hari Tanpa Bayangan.

Adapun daerah lain seperti Cirebon, Semarang, dan Surabaya, akan mengalami Hari Tanpa Bayangan keesokan hariinyaa.

“Benar, nanti siang ada Hari Tanpa Bayangan. Bahkan nanti tugu monas nyaris tidak punya bayangan. Kalau di Jakarta sudah berlangsung 5 Maret dan hari ini. Daerah lain itu keesokan harinya,” ujar Rhorom kepada Tekno Liputan6.com.

Rhorom mengungkap, posisi matahari nanti akan berada di tepat kepala, dan fenomena tersebut akan berlangsung selama 10 menit setelah waktu dzuhur.

Secara istilah, Hari Tanpa Bayangan memang terdengar keren, tapi itu tidak berarti semua bayangan akan hilang seharian.

Rhorom Priyatikanto, peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, menjelaskan bahwasannya hari tanpa bayangan bukan berarti bayangan akan seluruhnya lenyap, melainkan hanya benda yang tegap lurus saja, tetapi bila kita mengayunkan tangan, maka bayangan tetap terlihat.

Fenomena tersebut juga berlangsung cukup singkat, yakni beberapa menit saja, dan dimulai pada tengah hari pada azan zuhur. (lip/ysp)