25 radar bogor

Dapat Tawaran Berlatih ke Eropa, Striker Timnas U-16 Pikir-pikir Dulu

Sutan Zico (ketiga dari kiri) dapat tawaran berlatih di Belgia atau Australia. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Penampilan apik skuad Timnas U-16 memang mampu menyita perhatian publik. Terutama setelah berhasil meraih juara Piala AFF U-16 2018. Bahkan, meski gagal di Piala Asia U-16, apresiasi terhadap para penggawa tim Garuda Asia tetap tinggi.

Usai bertarung di Piala Asia U-16, skuad asuhan Fakhri Husaini ini memang telah dibubarkan. Namun bukan berarti mereka berhenti berkiprah di dunia sepak bola. Lihat saja winger M. Supriadi. Rencananya dalam waktu dekati ini pemain asal Surabaya itu akan berangkat ke Liverpool untuk menuntut ilmu sepak bola.

Setelah Supriadi, Sutan Zico juga berpeluang menyusul jejak mencari ilmu sepak bola di Eropa. Jika Supriadi memilih Inggris, Zico agak berbeda. Pemain berposisi striker itu santer dikabarkan akan menempuh pendidikan sepak bola di Belgia.

Kabar itu dibenarkan oleh ayah Zico, Oriyanto Jhosan. Pemain kelahiran 7 April 2002 itu memang mendapat tawaran dari manajer JSSL Chelsea FC. Hanya saja, Zico masih belum mengiyakan tawaran tersebut.

”Ada tawaran ke Belgia atau Australia. Tetapi Zico memilih untuk memulihkan cederanya terlebih dahulu. Mungkin November atau Desember Zico baru menerima tawaran itu,” tutur pria yang juga mantan pemain Semen Padang itu.

Sutan Zico memang masih belum sembuh total dari cedera pangkal pahanya. Itu juga yang menjadi alasan Zico jarang diturunkan di ajang Piala AFF U-16 2018. Bahkan di Piala AFC U-16 September lalu, Sutan Zico hanya sekali turun full time. Itu saat Garuda Asia ditahan Imbang 0-0 oleh India (27/9).

”Ada ototnya yang robek. Itu tidak bisa dioperasi, harus benar-benar istirahat. Itu berpengaruh di pergerakan dia saat di lapangan,” terang Oriyanto.

Selain tawaran ke Eropa, ada beberapa tim Liga 1 yang telah melakukan pendekatan kepada Sutan Zico. Salah satunya Persija Jakarta. Namun, lagi-lagi tawaran itu masih belum diiyakan oleh pihak Zico.

(nia)